Sudah Tahu Lionel Messi dan Maradona Pernah Main Bareng?

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 26 Nov 2020 21:00 WIB
Argentine former football legend Diego Maradona (R) and Lionel Messi run during the friendly match
Diego Maradona dan Lionel Messi bermain di laga amal pada 2005 (AFP/JUAN MABROMATA)
Buenos Aires -

Diego Maradona dan Lionel Messi memang pesepakbola beda zaman. Tapi, ada momen di mana keduanya pernah bermain bareng. Kapan?

Dunia sepakbola tengah berduka karena kematian mendadak Maradona, Rabu (25/11/2020) malam WIB. Maradona menghembuskan nafas terakhir di usia 60 tahun karena gagal jantung.

Kepergian Maradona yang tiba-tiba ini membuat publik bersedih, terutama masyarakat Argentina. Mereka tak lagi bisa menyaksikan dewa sepakbola beraksi di pinggir lapangan sebagai pelatih.

Kini warga Argentina cuma bisa menyaksikan aksi Lionel Messi yang disebut-sebut sebagai titisan Maradona. Sayangnya, Messi sampai saat ini belum bisa memberikan prestasi untuk timnas Argentina.

Jika Maradona pernah membawa Tim Tango juara Piala Dunia 1986, Messi paling maksimal menjadi runner-up Piala Dunia 2014 dan tiga kali runner-up Copa America.

Kedua pemain memang selalu akan dibanding-bandingkan karena Maradona dan Messi punya kemiripan, dari segi postur tubuh, gaya bermain, dan tentu saja mengandalkan kaki kiri.

Publik mungkin bertanya-tanya, bagaimana jika Messi dan Maradona bermain di era yang sama? Memang tidak mungkin, tapi setidaknya dua megabintang itu pernah berada di satu tim yang sama.

Tentu saja bukan laga resmi melainkan laga amal, Desember 2005 di Buenos Aires, Argentina. Saat itu Messi masih berusia 18 tahun sementara Maradona berumur 45 tahun.

Laga amal garapan Pupi Foundation milik Javier Zanetti itu juga mengikutkan beberapa pemain top Argentina lainnya seperti Juan Riquelme, Diego Simeone, Marcelo Gallardo, Sergio Aguero, dan Juan Sebastian Veron.

Dalam cuplikan video di Youtube, ada yang memperlihatkan keduanya tengah beraksi bareng di lapangan. Setelah itu, Maradona dan Messi beberapa kali setim dalam sebuah laga amal.

Maradona juga pernah jadi pelatih Messi saat menangani Argentina sedari 2008 hingga 2010.

Argentine former football legend Diego Maradona (R) and Lionel Messi run during the friendly match Maradona dan Messi di Piala Dunia 2010 Foto: AFP/JUAN MABROMATA

"Bahkan jika aku bermain selama berjuta-juta tahun lamanya, aku tidak akan bisa menyamai Maradona. Aku tidak bisa seperti itu. Dia adalah pemain terbaik yang pernah ada," ujar Lionel Messi seraya memuji Maradona seperti dikutip talksport.

(mrp/rin)