sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 27 Nov 2020 04:00 WIB

Maradona Abadi di Ingatan Zidane

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Warga tumpah ruah memadati halaman Istana Presiden Argentina. Kedatangan mereka untuk berikan penghormatan terakhir bagi Maradona yang disemayamkan di sana. Diego Maradona meninggal dunia di usia 60 tahun. (Foto: AP Photo/Marcos Brindicci)
Jakarta -

Diego Maradona begitu melekat di ingatan para pencinta sepakbola, termasuk pada Zinedine Zidane. Zidane merekam momen magis Maradona di Piala Dunia 1986.

Diego Maradona meninggal dunia pada Rabu (25/11/2020) malam WIB kemarin karena mengalami henti jantung (cardiac arrest). Legenda sepakbola asal Argentina itu wafat di usia 60 tahun.

Maradona selalu dianggap sebagai salah satu talenta terbaik dalam sejarah sepakbola, kalau tidak bisa disebut yang terbaik. Ia hampir sendirian menggendong Argentina memenangi Piala Dunia 1986, di mana itu jadi terakhir kalinya La Albiceleste juara hingga detik ini.

Pada Piala Dunia 1986 itu pula Maradona mengukir dua gol ikonik yang akan selalu dikenang oleh publik penggemar sepakbola. Keduanya adalah gol yang dicetak ke gawang Inggris di babak perempatfinal.

Gol pertama adalah yang dibuatnya dengan tangan hingga akhirnya disebut gol 'Tangan Tuhan', di mana ia menggunakan kecerdikannya untuk 'mengakali' wasit. Sementara gol kedua lebih ke pertunjukan teknik dan seni dari Maradona: ia berlari dari tengah lapangan, melewati empat pemain dan satu kiper, lalu menjebol gawang.

Diego Maradona mencetak lima gol sepanjang turnamen di Meksiko itu, hanya kalah tajam dari penyerang Inggris Gary Lineker. Penampilan Maradona di Piala Dunia 1986 itu pula yang begitu melekat kuat di ingatan Zinedine Zidane.

"Ini adalah kehilangan yang luar biasa besar untuk dunia sepakbola. Ia terpatri dalam ingatan saya karena hal yang ia lakukan di Piala Dunia 1986," ungkap pelatih Real Madrid tersebut.

"Saya masih 14 tahun saat itu. Saya tak bisa berkata-kata. Kita semua sangat sedih," kata Zidane dikutip Marca.



Simak Video "Detik-detik Jenazah Maradona Dimakamkan"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com