sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 27 Nov 2020 21:40 WIB

Ketika Magi Maradona Bikin Komentator Ini Menangis

Bayu Baskoro - detikSport
Buenos Aires -

Kematian Diego Maradona ditangisi jutaan rakyat Argentina. Semasa hidupnya, El Pibe de Oro pernah membuat seorang komentator menangis lewat aksi briliannya.

Maradona meninggal dunia pada Rabu (25/11/2020) malam WIB di Buenos Aires akibat henti jantung. Legenda sepakbola Argentina itu wafat di usia 60 tahun.

Berita kematian Maradona membuat heboh publik sepakbola dunia, khususnya di Argentina. Ribuan orang turun ke jalan di Buenos Aires guna memberi penghormatan dan bela sungkawa kepada sang legenda.

Diego Maradona sangat dicintai penduduk Argentina lantaran prestasinya di dunia sepakbola. Lahir dan dibesarkan dari kelas pekerja, El D10S berhasil mengantarkan negaranya ke puncak tertinggi sepakbola dengan menjuarai Piala Dunia 1986.

Maradona memang menjadi tulang punggung Timnas Argentina dari awal hingga sukses mengangkat trofi jawara. Salah satu laga yang menyematkan statusnya sebagai legenda yakni kala Albicelestes bersua Inggris di perempatfinal.

Di laga tersebut, Maradona mencetak dua gol kemenangan Argentina 2-1 atas Inggris. Gol pertamanya ke gawang Peter Shilton menjadi kontroversi, lantaran dirinya menggunakan tangannya untuk menanduk bola, dan dikenal sebagai 'Gol Tangan Tuhan'.

Berkebalikan dengan gol pertamanya yang kontroversial, gol kedua Maradona justru menunjukkan skill dirinya yang sesungguhnya. Dia membawa bola melewati lima pemain Inggris sebelum menceploskan bola ke dalam gawang.

Kehebatan Maradona mencetak gol keduanya ke gawang Inggris diabadikan oleh Victor Hugo Morales, komentator asal Uruguay yang bekerja di Radio Argentina. Dia tak kuasa menahan tangis kala Maradona menorehkan gol spektakuler.

"Gooaall... Saya mau menangis. Puji Tuhan, hidup sepakbola...Golaaazooo!!! Diegoooll....Maradona! Maaf, saya menitikkan air mata sekarang," ujar Morales dalam siaran langsungnya di tahun 1986.

"Maradona dalam larinya yang akan terus dikenang... Pemain terbaik saat ini... Layang-layang kosmik, dari planet mana kamu berasal? Sampai-sampai meninggalkan banyak pemain Inggris di belakang, sehingga satu negara bisa mengepalkan tinjunya dan berteriak untuk Argentina!".

"Argentina 2-0 Inggris. Diego... Diego... Diego Armando Maradona. Terima kasih Tuhan untuk sepakbola, untuk Maradona, untuk air mata ini," kata Morales yang menangis sembari merayakan gol Diego Maradona ke gawang Inggris.

(bay/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com