sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 28 Nov 2020 06:00 WIB

Gol 'Tangan Tuhan' Maradona Bikin Peter Shilton Terkenal

Randy Prasatya - detikSport
MEXICO CITY, MEXICO - JUNE 22: Argentina player Diego Maradona outjumps England goalkeeper Peter Shilton to score with his Hand of God goal as England defenders Kenny Sansom (top) Gary Stevens (c) and Terry Fenwick look on during the 1986 FIFA World Cup Quarter Final at the Azteca Stadium on June 22, 1986 in Mexico City, Mexico.  (Photo by Allsport/Getty Images) Diego Maradona membobol gawang Inggris dengan tangan pada ajang Piala Dunia 1986. (Foto: Getty Images/Getty Images)
Jakarta -

Peter Shilton adalah kiper Timnas Inggris yang dibobol Diego Maradona dengan tangan. Paul Gascoigne menilai karena gol "Tangan Tuhan" itu, Shilton ikut terkenal.

Argentina bertemu Inggris pada babak perempatfinal Piala Dunia 1986. Albiceleste menang dengan skor 2-1 lewat sepasang gol Maradona, yang sampai saat ini menarik untuk diperbincangkan.

Dia berhasil merobek gawang Inggris yang dikawal Shilton dengan menggunakan tangan. Handball itu luput dari pandangan wasit dan sampai saat ini dikenal sebagai gol "tangan tuhan."

Maradona selanjutnya membuat gol sensasional dengan melakukan solo-run dari tengah lapangan. Dia melewati beberapa pemain Inggris sebelum akhirnya mencetak gol dengan mengecoh Shilton.

Shilton sempat beberapa kali mengkritik Maradona di waktu lampau. Legenda sepakbola Argentina yang meninggal pada Rabu (25/11/2020) itu dinilai tak sportif karena mencetak gol dengan tangan.

Gascoigne, yang merupakan junior dari Shilton, malah membela Maradona baru-baru ini. Mantan gelandang Timnas Inggris dan Lazio itu menilai justru Shilton bisa terus diingat akibat gol "tangan tuhan" Maradona.

"Diego adalah ikon sepakbola. Merupakan suatu kehormatan untuk bermain melawan dia dalam pertandingan persahabatan," kata Gascoigne kepada Corriere dello Sport.

"Banyak orang terus membahas Tangan Tuhan tetapi kenyataannya, Peter Shilton yang terkasih, jika bukan karena Maradona hari itu, tidak ada yang akan mengingat Anda!" sambungnya.

Argentina pada akhirnya keluar sebagai juara di Piala Dunia 1986. Maradona dkk. berhasil mengalahkan Jerman Barat 3-2 di laga final. Maradona tak mencetak gol di laga pamungkas.



Simak Video "Fans Berkumpul di Depan Rumah Mendiang Maradona"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com