FIFA Award 2020: Ronaldo Pilih Messi, Messi Tak Pilih Ronaldo

Yanu Arifin - Sepakbola
Jumat, 18 Des 2020 09:55 WIB
ZURICH, SWITZERLAND - DECEMBER 17: The Best FIFA Award is seen on a plinth prior to the The Best FIFA Football Awards on December 17, 2020 in Zurich, Switzerland. (Photo by Valeriano Di Domenico - Pool/Getty Images)
Trofi Best FIFA Football Award 2020. (Foto: Getty Images/Pool)
Jakarta -

Cristiano Ronaldo turut memilih Lionel Messi dalam pemungutan suara penghargaan pemain terbaik FIFA. Tapi sebaliknya, Messi tidak memilih sang rival.

Gala penghargaan Best FIFA Football Award 2020 digelar pada secara virtual pada Jumat (18/12/2020) dini hari WIB. Kategori Best FIFA Men's Player menjadi yang paling ditunggu-tunggu.

Kategori itu untuk mencari pesepakbola putra terbaik dunia. Ada tiga nama yang dijagokan meraihnya, yakni Robert Lewandowski, Ronaldo, dan Messi.

Dalam kategori itu, pemungutan suara dilakukan oleh kapten dan pelatih tim nasional negara anggota FIFA. Artinya, Lewandowki, Ronaldo, dan Lionel Messi bisa memberikan suaranya kepada tiga nama yang dijagokan masing-masing.

Lewandowski, sebagai kapten Timnas Polandia, memilih Thiago Alcantara, rekannya di Bayern Munich, serta Neymar (Paris Saint-Germain) dan Kevin de Bruyne (Manchester City).

Yang menarik kemudian Cristiano Ronaldo. Kapten Timnas Portugal dan striker Juventus itu memang menjagokan Lewandowski, kemudian Messi dan Kylian Mbappe (PSG).

Dan Messi rupanya tidak memasukkan nama Ronaldo. Kapten Argentina sekaligus penyerang Barcelona itu lebih memilih Lewandowski di urutan pertama, kemudian Neymar, lalu Mbappe.

Hasilnya sendiri kemudian dimenangkan Lewandowski. Pemain 32 tahun itu meraih 52 poin, jauh mengungguli Ronaldo (38) dan Messi (35).

Keberhasilan Lewandowski membuatnya merebut gelar tersebut dari Lionel Messi, yang memenangkannya tahun lalu. Adapun Cristiano Ronaldo belum lagi meraihnya sejak 2017.

Sukses Lewandowski sendiri tak lepas dari performa okenya sepanjang musim 2019/2020, yang separuh musimnya berlangsung di tengah pandemi. Mantan pemain Borussia Dortmund itu membuat 55 gol dan membantu Bayern Munich meraih treble winners, dengan menyabet trofi Liga Champions, Bundesliga, dan DFB Pokal.

(yna/pur)