sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 18 Jan 2021 00:29 WIB

Ajax Vs Feyenoord: Menang 1-0, De Godenzonen Kuasai De Klassieker

Yanu Arifin - detikSport
Feyenoords Dutch defender Tyrell Malacia (L) vies with Ajax Dutch defender Jurrien Timber during the Dutch Eredivisie football match between Ajax Amsterdam and Feyenoord Rotterdam at the Johan Cruijff Arena in Amsterdam on January 17, 2021. (Photo by MAURICE VAN STEEN / ANP / AFP) / Netherlands OUT Ajax memenangkan Derbi De Klassieker lawan Feyenoord dengan skor 1-0 di pekan ke-17 Liga Belanda. (Foto: MAURICE VAN STEEN / ANP / AFP) / Netherlands OUT)
Amsterdam -

Derbi De Klassieker sudah tuntas. Laga Ajax Amsterdam vs Feyenoord itu dimenangkan De Godenzonen dengan skor 1-0.

Partai sengit Ajax vs Feyenoord berlangsung di pekan ke-17 Liga Belanda, Minggu (17/1/2021). Dalam laga yang bisa disaksikan langsung Mola TV lewat link ini tersebut, Ajax keluar sebagai pemenang.

Gol tunggal Ryan Gravenberch di menit ke-22 menjadi pembeda. Ajax pun meraih tiga poin dari sang rival di Johan Cruijff Arena, Amsterdam.

Kemenangan membuat Ajax masih memimpin klasemen Liga Belanda. Dusan Tadic dkk kini mengoleksi 41 poin dari 17 laga.

Adapun Feyenoord tertahan di posisi empat. Tim asuhan Dick Advocaat baru mengoleksi 35 poin, alias tertinggal 6 angka dari Ajax dalam persaingan Eredivisie sejauh ini.


Jalannya Pertandingan

Ajax langsung menekan Feyenoord sejak peluit kick off dibunyikan. Namun, tim tamu juga mampu bertahan dengan baik.

Peluang baru didapat Ajax di menit ke-17. Nicolas Tagliafico bisa menanduk bola kiriman Dusan Tadic, namun arah bolanya masih terlalu tinggi dari gawang Feyenoord.

Tekanan Ajax berbuah manis di menit ke-22. Ryann Gravenberch bisa membawa tuan rumah unggul 1-0, usai tandukannya gagal dibendung kiper Feyenoord, Nick Marsman.

Feyenoord sendiri baru bisa menebar ancaman balasan selepas menit ke-30. Beberapa kali pasukan Dick Advocaat membahayakan gawang Ajax.

Di antaranya lewat Ridgenciano Haps pada menit ke-33, di mana sepakan kaki kanannya dari dalam kotak penalti masih bisa diantisipasi Andre Onana. Adapun empat menit berselang, giliran percobaan Leroy Fer yang bisa diredam. Hingga jeda, skor 1-0 tetap bertahan untuk keunggulan Ajax.

Laga Ajax vs Feyenoord berjalan lebih sengit di babak kedua. Masing-masing tim saling melancarkan jual beli serangan ke daerah lawan.

Feyenoord membuat percobaan lewat Steven Berghuis, namun bolanya masih melenceng pada menit ke-58. Adapun upaya Sebastian Haller juga masih melenceng dari gawang Feyenoord dua menir berselang.

Hingga menit-menit akhir, tidak ada gol lagi tercipta. Di masa injury time, Leroy Fer nyaris menyamakan skor, namun upayanya bisa digagalkan Onana. Sementara Luis Sinisterra juga nyaris memaksakan laga imbang, jika saja sundulannya tidak membentur mistar gawang Ajax.

Hingga pertandingan habis, skor 1-0 untuk kemenangan Ajax atas Feyenoord tetap bertahan. De Godenzonen memenangkan De Klassieker.

Susunan Pemain

Ajax: Onana, Mazraoui (Schuurs 66'), Timber, Blind, Tagliafico, Klaassen, Promes (Alvarez 73'), Gravenberch (Ekkelenkamp 46'), Antony (Labyad 66'), Tadic, Haller (Brobbey 83')

Feyenoord: Marsman, Malacia, Senesi, Spajic, Geertruida, Diemers (Pratto 84'), Fer, Toornstra, Haps (Sinisterra 63'), Berghuis, Joergensen

(yna/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com