Pele Diabadikan Menjadi Nama Baru Stadion Maracana

Bayu Baskoro - Sepakbola
Rabu, 10 Mar 2021 15:00 WIB
RIO DE JANEIRO, BRAZIL - FEBRUARY 21: General view of the stadium before a match between Flamengo and Internacional as part of 2020 Brasileirao Series A at Maracana Stadium on February 21, 2021 in Rio de Janeiro, Brazil. (Photo by Buda Mendes/Getty Images)
Pele akan diabadikan menjadi nama baru Stadion Maracana. (Foto: Getty Images/Buda Mendes)
Rio de Janeiro -

Pele mendapat kehormatan baru di Brasil. Namanya akan dipakai menjadi nama baru stadion legendaris di negaranya, Stadion Maracana.

Perubahan nama Stadion Maracana disetujui badan legislatif negara bagian Rio de Janeiro, Brasil, Selasa (9/3/2021). Stadion berkapasitas 78 ribu penonton itu bakal berubah namanya menjadi Estadio Edson Arantes do Nascimento - Rei Pele.

Edson Arantes do Nascimento merupakan nama asli dari Pele. Ada pun Rei yang berarti 'Raja' adalah julukan dari pemenang Piala Dunia tiga kali itu.

Stadion Maracana merupakan stadion paling sakral di Negeri Samba. Stadion dengan nama asli Estadio Jornalista Mario Filho itu dibangun pada 1948 dan diresmikan dua tahun berikutnya, ketika Brasil menjadi tuan rumah Piala Dunia 1950.

Di Stadion Maracana pula, 200 ribu rakyat Brasil terdiam menyaksikan kekalahan 1-2 tim nasionalnya dari Uruguay pada final Piala Dunia 1950. Kekalahan tersebut menjadi aib persepakbolaan Brasil dan dikenal sebagai Maracanazo (Penderitaan di Maracana).

Pele sendiri punya kenangan manis di Stadion Maracana. Pria yang kini berusia 80 tahun itu kerap mencetak gol di sana sewaktu masih membela Timnas Brasil, serta saat melakoni partai tandang bersama Santos.

Pele pun menorehkan gol yang ke-1.000 sepanjang kariernya tepat di Stadion Maracana pada tahun 1969. Kala itu, dia tampil membela Santos dan mencetak gol dari titik putih ke gawang Vasco da Gama.

"Ini adalah penghormatan yang layak bagi seorang pria yang diakui di seluruh dunia atas warisannya dalam sepakbola Brasil, serta untuk pelayanan yang diberikannya kepada negara kami," kata Presiden Badan Legislatif Rio de Janeiro, Andre Ceciliano, dikutip dari Reuters.



Simak Video "Remaja Berpisau Serang Tempat Penitipan Anak di Brasil, 5 Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/yna)