UEFA Resmi Izinkan Negara Peserta Euro 2020 Bawa 26 Pemain

Putra Rusdi K - Sepakbola
Selasa, 04 Mei 2021 20:20 WIB
LONDON, ENGLAND - SEPTEMBER 21:  The UEFA European Championship trophy is displayed next to the logo for the UEFA EURO 2020 tournament and the individual city logos during the UEFA EURO 2020 launch event for London at City Hall on September 21, 2016 in London, England.  (Photo by Dan Istitene/Getty Images)
UEFA resmi izinkan negara peserta Piala Eropa 2020 bawa 26 pemain (Foto: Dan Istitene/Getty Images)
Nyon -

UEFA resmi mengizinkan peserta Piala Eropa 2020 mendaftar 26 pemain dalam skuad mereka. Keputusan ini diambil menilik dari pandemi COVID-19 yang belum mereda.

Sebelumnya dilaporkan bahwa, komite nasional UEFA merekomendasikan agar Piala Eropa 2020 menambah jumlah pemain yang didaftarkan. Pada edisi terdahulu, negara-negara peserta hanya boleh membawa maksimal 23 pemain.

Usulan ini muncul untuk mengantisipasi jika ada pemain yang terkena COVID-19 menjelang berlangsungnya turnamen. Rekomendasi komite nasional UEFA tersebut kini mendapatkan persetujuan dari komite eksekutif UEFA.

UEFA secara resmi mengumumkan bahwa negara peserta Piala Eropa 2020 diperbolehkan mendaftarkan 26 pemain. Batas waktu pendaftaran pemain berakhir pada 1 Juni mendatang.

"Untuk mengurangi risiko tim menghadapi kekurangan pemain yang bisa berlaga untuk pertandingan tertentu karena hasil tes COVID-19 positif dan kemudian karantina yang diperintahkan oleh otoritas yang bertanggung jawab, telah diputuskan untuk meningkatkan jumlah pemain yang didaftarkan untuk semua tim yang berpartisipasi menjadi 26 pemain," bunyi pernyataan di situs resmi UEFA.

"Namun, 23 pemain akan tetap menjadi jumlah maksimum yang diizinkan pada lembar pertandingan (sesuai dengan Undang-Undang 3 dari Undang-Undang IFAB dari Game yang mengizinkan maksimal 12 pemain pengganti untuk disebutkan dalam pertandingan tim nasional A), termasuk tiga penjaga gawang," lanjut pernyataan tersebut.

Dalam aturan baru ini, UEFA turut mengizinkan perubahan daftar pemain sebelum pertandingan pertama. Syaratnya, pemain yang diganti mengalami cedera atau masalah medis yang serius.

Dengan alasan yang sama, penjaga gawang nantinya juga boleh diganti dengan pemain yang tak berada dalam daftar pemain di setiap pertandingan. Hal ini diperbolehkan bahkan saat kiper lain dalam daftar pemain masih bisa bermain.

Piala Eropa 2020 sendiri bakal berlangsung mulai 11 Juni hingga 11 Juli mendatang. Ajang ini bakal dihelat di 11 negara yaitu Italia, Azerbaijan, Rusia, Belanda, Rumania, Inggris, Skotlandia, Spanyol, Jerman dan Hongaria.



Simak Video "Tuchel Kecewa Gagal Raih Gelar Perdana di Chelsea"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/aff)