Kiper Timnas Belanda Kena COVID-19, Batal ke Piala Eropa

Bayu Baskoro - Sepakbola
Rabu, 02 Jun 2021 17:05 WIB
BERGAMO, ITALY - OCTOBER 14: Jasper Cillessen of Netherlands  gestures during the UEFA Nations League group stage match between Italy and Netherlands at Stadio Atleti Azzurri dItalia on October 14, 2020 in Bergamo, Italy. (Photo by Alessandro Sabattini/Getty Images)
Jasper Cillessen kubur mimpi ke Piala Eropa 2020 akibat COVID-19. (Foto: Getty Images/Alessandro Sabattini)
Amsterdam -

Nasib buruk dialami kiper Timnas Belanda, Jasper Cillessen. Dia harus mengubur mimpi bermain di Piala Eropa 2020 akibat terjangkit virus Corona.

Cillessen sedianya masuk ke dalam daftar pemain Timnas Belanda untuk gelaran Piala Eropa 2020. Penjaga gawang Valencia itu mengisi slot kiper utama De Oranje.

Namun, pukulan telak diterima Cillessen menjelang Piala Eropa bergulir. Pemain berusia 32 tahun itu dites positif terkena COVID-19, sehingga harus menjalani karantina mandiri dan tak mengikuti persiapan Timnas Belanda.

Alhasil, Jasper Cillessen terpaksa dicoret pelatih Timnas Belanda, Frank de Boer, dari daftar skuadnya. Dia tidak diizinkan kembali ke tim nasional sebelum dinyatakan pulih sepenuhnya.

Kabar pencoretan Cillessen dari Timnas Belanda diumumkan pada Selasa (1/6/2021). De Boer tidak ingin mengambil risiko untuk terus mempertahankan mantan penjaga gawang Barcelona itu.

"Saya memberi tahu Jasper tentang keputusan saya pagi ini. Saya bilang kepadanya bahwa saya merasa ini sangat tidak menyenangkan bagi Jasper," kata De Boer, dikutip dari Daily Mail.

"Namun saya harus mengambil risiko. Dia diketahui positif terjangkit virus Corona. Akibatnya, dia melewatkan bagian penting dari persiapan," De Boer menambahkan.

"Kami tak tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai dia 100 persen fit buat kembali. Saya tidak mau mengambil risiko dalam hal itu," ujarnya.

Posisi Jasper Cillessen di Timnas Belanda kemudian digantikan oleh Marco Bizot. Kiper AZ Alkmaar itu akan bersaing dengan Tim Krul (Norwich City) dan Maarten Stekelenburg (Ajax Amsterdam) untuk posisi utama penjaga gawang De Oranje.

(bay/cas)