Dear De Boer, Mengapa Tak Ada Pengganti Van de Beek?

Bayu Baskoro - Sepakbola
Rabu, 09 Jun 2021 06:30 WIB
ROTTERDAM, NETHERLANDS - OCTOBER 10:  Donny van de Beek of Netherlands in action during the UEFA Euro 2020 qualifier between Netherlands and Northern Ireland on October 10, 2019 in Rotterdam, Netherlands. (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images,)
Donny van de Beek ditarik dari skuad Belanda di Piala Eropa 2020. (Foto: Getty Images,/Dean Mouhtaropoulos)
Amsterdam -

Timnas Belanda tidak mencari pengganti Donny van de Beek yang absen dari Euro 2020 akibat cedera. Apa alasan Frank de Boer mengambil keputusan tersebut?

Belanda diterpa kabar buruk menjelang Piala Eropa 2020. Salah satu pemain bintangnya, Van de Beek, terpaksa dicoret dari skuad pada Selasa (8/6/2021).

Kabar pencoretan Van de Beek diumumkan langsung oleh Federasi Sepakbola Belanda (KNVB). Gelandang Manchester United itu gagal berlaga di Piala Eropa karena dihantam cedera pangkal paha.

"Donny van de Beek absen di Euro 2020. Gelandang itu harus berkutat dengan cedera. Alhasil, dia tidak bisa pulih tepat waktu untuk Euro 2020. Frank de Boer tidak akan memanggil pengganti untuk Van de Beek," begitu isi pernyataan resmi Timnas Belanda di akun @onsoranje.

Frank de Boer selaku pelatih Timnas Belanda tidak akan mencari pengganti Van de Beek. Alhasil, negara kampiun Piala Eropa 1988 itu bakal berlaga di Euro 2020 dengan 25 pemain di skuadnya.

Ada alasan tersendiri mengapa De Boer memutuskan untuk tidak memanggil satu pemain pengganti Van de Beek di timnya. Dia menilai waktu untuk persiapan pemain baru sudah mepet dengan gelaran Piala Eropa 2020.

"Untuk bergabung dengan tim pada tahap ini tidak sepenuhnya ideal. Kami sudah melakukan persiapan selama dua minggu, saya tidak suka dengan itu," kata Frank de Boer, dilansir dari De Telegraaf.

"Saya sebenarnya memiliki beberapa gelandang dalam daftar pengganti. Tentu saja selalu ada situasi di mana anda memutuskan secara berbeda, tapi saat ini saya lebih suka menangani tim apa adanya," ujarnya.

Timnas Belanda memainkan pertandingan pertama Grup C Euro 2020 melawan Ukraina di Amsterdam, Senin (14/6). De Oranje kemudian bertemu dengan Austria (17/6) dan Makedonia Utara (21/6).



Simak Video "Frank de Boer Pisah dengan Belanda Usai Gagal di Euro"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/pur)