Masih Mau Tendang Penalti, Henderson?

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Rabu, 09 Jun 2021 17:20 WIB
Englands Jordan Henderson fails to score from the penalty spot during the international friendly soccer match between England and Romania in Middlesbrough, England, Sunday, June 6, 2021. (Paul Ellis, Pool via AP)
Jordan Henderson dikritik gara-gara menyerobot penalti dan gagal saat timnas Inggris menghadapi Rumania di laga uji coba (Foto: AP/Paul Ellis)
Jakarta -

Jordan Henderson jadi sorotan gara-gara insiden serobot penalti dan kemudian gagal. Apakah Henderson masih mau menendang penalti lagi setelah insiden itu?

Henderson comeback setelah tiga bulan menepi karena cedera pangkal paha saat Inggris menghadapi Rumania di laga uji coba jelang Euro 2020, Minggu (6/6/2021). Dia baru dimasukkan pada menit ke-46 untuk menggantikan Kevin Phillips.

Inggris unggul 1-0 berkat penalti Marcus Rashford pada menit ke-68. The Three Lions sejatinya berpeluang menambah gol setelah mendapat penalti pada menit ke-78.

Namun, Henderson yang maju sebagai eksekutor gagal mengonversi penalti jadi gol. Tendangan gelandang milik Liverpool itu bisa dibaca oleh kiper Rumania.

Henderson kemudian dapat kritik karena menyerobot penalti yang seharusnya jadi jatah Dominic Calvert-Lewin. Manajer Inggris Gareth Southgate juga kesal dengan sikap Henderson itu.

Jordan Henderson memang tidak punya catatan bagus soal penalti. Sebelumnya, eksekusi Henderson gagal saat Inggris adu penalti dengan Kolombia di 16 besar Piala Dunia 2018. Kali terakhir dia bikin gol lewat penalti adalah pada 2015.

Henderson mengaku memang masih harus mengasah eksekusi penalti. Atau, dia juga bisa saja menyerahkan penalti kepada ahlinya.

"Manajer belum bilang apa-apa, belum. Saya tidak tahu apakah dia akan melakukannya," ujar Henderson seperti dilansir Guardian.

"Apakah saya akan lebih banyak berlatih penalti? Sepertinya saya harus begitu atau mungkin berikan saja ke mereka yang benar-benar bisa mencetak gol penalti. Mungkin itu pilihan terbaik."

Gagal bikin gol di caps-nya yang ke-59 bersama Inggris, Henderson tak mau terlalu ambil pusing. Dia berharap golnya disimpan untuk kesempatan lain.

"Itu bukan fokus saya. Fokus terbesar saya adalah berkontribusi untuk meraih kemenangan. Tentu akan menyenangkan kalau bisa bikin gol. Semoga saya cuma sedang menyimpan gol untuk waktu lain," kata Henderson.

Jordan Henderson akan tampil di Piala Eropa 2020 bersama Inggris. Mereka akan memainkan pertandingan pertama Grup D melawan Kroasia di Stadion Wembley, Minggu (13/6/2021) malam WIB.

(nds/rin)