Kecil Kemungkinan Christian Eriksen Bisa Main Bola Lagi

Putra Rusdi K - Sepakbola
Minggu, 13 Jun 2021 10:25 WIB
COPENHAGEN, DENMARK - JUNE 12: Christian Eriksen of Denmark in action during the UEFA Euro 2020 Championship Group B match between Denmark and Finland on June 12, 2021 in Copenhagen, Denmark. (Photo by Friedemann Vogel - Pool/Getty Images)
Ahli jantung menilai kecil kemungkinan Christian Eriksen bisa bermain kembali (Foto: Getty Images/Friedemann Vogel - Pool)
Kopenhagen -

Christian Eriksen kolaps saat Denmark menghadapi Finlandia di Piala Eropa 2020. Kardiologis menyebut kecil kemungkinan Eriksen bisa bermain lagi.

Denmark vs Finlandia yang berakhir 1-0 untuk Finlandia pada laga pembuka Grup B Piala Eropa 2020, Sabtu (12/6/2021), di Parken Stadium diwarnai insiden mengerikan yang menimpa Eriksen. Di menit ke-43, bintang Denmark ini tiba-tiba tersungkur di tepi sisi kiri lapangan.

Ia tampak tak sadarkan diri. Para pemain Denmark berupaya langsung memberikan pertolongan pertama sebelum tim medis masuk ke lapangan. Saat tim medis mulai menangani Eriksen, para pemain Denmark melingkar untuk menutupi pemain Inter Milan ini dari sorot kamera.

Eriksen mendapat penangan medis yang cukup lama di lapangan. Ia tampak mendapat pertolongan CPR (resusistasi jantung dan paru). Gelandang 29 tahun ini kemudian bisa sadarkan diri dan langsung di bawah ke rumah sakit.

Banner Euro 2020

Dilaporkan bahwa kondisi Christian Eriksen di rumah sakit saat ini terbilang stabil. Beberapa kabar juga mengungkap mantan pemain Tottenham Hotspur sudah mulai bisa berbicara.

Meski kondisi Eriksen perlahan mulai membaik. Namun, Profesor Kardiologi Spesialis Olahraga London's St George's University, Sanjay Sharma menilai kecil kemungkinan Eriksen bisa bermain kembali.

Ia menilai pasti ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuh Eriksen dan dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut lagi. Sharma mengungkap sangat berisiko mengizinkan Eriksen bermain kembali.

"Saya sangat senang. Fakta dia stabil dan sudah sadar. Ini adalah hal akan sangat bagus," ujar Sharma kepada PA dikutip dari Sportmole.

"Saya tidak tahu apakah dia akan bermain sepak bola lagi. Terus terang, dia sempat 'meninggal' meski hanya beberapa menit hari ini. Tapi itu tetap saja 'meninggal' dan akankah tim medis mengizinkannya meninggal lagi?"

"Jawabannya adalah tidak," tegasnya.

Sharma yang aktif memberikan seminar terkait kesehatan jantung para pesepakbola di Inggris mengungkap bahwa Eriksen takkan diperbolehkan tampil lagi jika bermain di Inggris. Namun, pria kelahiran Middelfart tersebut kini merumput di Serie A bersama Inter Milan.

Sharma mengatakan kini keputusan berada di tangan Eriksen dan Inter terkait kelanjutan karier Christian Eriksen ke depannya.

"Kabar baiknya adalah dia tetap hidup, kabar buruknya adalah dia akan segera mengakhiri karirnya, jadi apakah dia akan tetap bisa bermain di pertandingan sepak bola profesional lainnya, saya tidak bisa mengatakan," ungkap Sharma menambahkan

"Di Inggris dia tidak akan bermain. Kami akan sangat ketat tentang hal itu," jelasnya.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini

(pur/raw)