Kondisi Terkini Eriksen: Sudah Stabil, Titip Salam buat Timnas Denmark

Adhi Prasetya - Sepakbola
Minggu, 13 Jun 2021 18:40 WIB
COPENHAGEN, DENMARK - JUNE 12: Christian Eriksen of Denmark in action during the UEFA Euro 2020 Championship Group B match between Denmark and Finland on June 12, 2021 in Copenhagen, Denmark. (Photo by Friedemann Vogel - Pool/Getty Images)
Eriksen sudah stabil, meski masih dalam pengawasan tim medis. Foto: Getty Images/Friedemann Vogel - Pool
Kopenhagen -

Christian Eriksen dalam kondisi stabil usai kolaps dalam laga Denmark vs Finlandia di Piala Eropa 2020. Hal itu diumumkan oleh Federasi Sepakbola Denmark (DBU).

Saat ini, pemain 29 tahun itu dirawat di Rigshospitalet, salah satu fasilitas kesehatan terbaik di Denmark yang lokasinya tak jauh dari Parken Stadium, lokasi digelarnya pertandingan.

"Pagi ini kami sudah bicara dengan Christian Eriksen, yang mengirimkan salam kepada rekan setimnya," bunyi pernyataan DBU, Minggu (13/6/2021) sore WIB.

"Kondisinya stabil, dan dia masih terus dirawat demi pengecekan lebih lanjut. Anggota tim dan staf timnas sudah menerima bantuan krisis dan akan terus menjaga satu sama lain setelah apa yang terjadi kemarin."

Peristiwa yang menimpa Eriksen memberi dampak psikis yang begitu dalam kepada rekan-rekan setimnya. Dilaporkan Sky Sports, Timnas Denmark memutuskan meniadakan jumpa pers yang sedianya digelar hari ini.

Tak cuma itu, Martin Braithwaite dkk diberi jatah libur agar bisa beristirahat dan menenangkan diri. Denmark baru akan bertanding lagi menghadapi Belgia di laga kedua Grup B pada Kamis (17/6) pukul 23.00 WIB.

Eriksen kolaps di pengujung babak pertama laga Denmark vs Finlandia, Sabtu (12/6) kemarin. Ia diduga mengalami henti jantung, setelah diketahui mendapat pertolongan resusitasi jantung paru di lapangan.

Para pemain Denmark lalu mengelilingi Eriksen dan tim medis yang bekerja agar tak terganggu sorotan kamera, juga untuk menenangkan suporter yang ada di stadion. Setelah pertolongan pertama diberikan di lapangan, ia pun dibawa ke rumah sakit.

Laga itu sendiri akhirnya dimenangi Finlandia 1-0 lewat sundulan Joel Pohjanpalo di menit ke-59.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini

(adp/krs)