Spanyol Diimbangi Swedia, Luis Enrique Bilang Tidak Adil

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Selasa, 15 Jun 2021 14:40 WIB
Spains manager Luis Enrique gestures with Aymeric Laporte during the Euro 2020 soccer championship group E match between Spain and Sweden at La Cartuja stadium in Seville, Monday, June 14, 2021. (AP Photo/Pierre Philippe Marcou, Pool)
Pelatih Spanyol Luis Enrique menilai hasil melawan Swedia di Euro 2020 tidak adil (Foto: AP/Pierre Philippe Marcou)
Sevilla -

Spanyol gagal meraih kemenangan saat melawan Swedia di Euro 2020 meski tampil dominan. Pelatih Spanyol Luis Enrique merasa hasil ini tidak adil buat timnya.

Laga Spanyol vs Swedia di Grup E Piala Eropa 2020 digelar di La Cartuja, Sevilla, Selasa (15/6/2021) dini hari WIB. La Furia Roja harus puas berbagi poin usai ditahan imbang 0-0 oleh lawannya itu.

Dalam pertandingan itu, Spanyol tampil begitu dominan. Statistik mencatat penguasaan bola Alvaro Morata dkk mencapai 75 persen, dengan melepaskan 17 tembakan yang lima di antaranya mengarah ke gawang.

Di sisi lain, Swedia tak banyak memberikan ancaman. Mereka cuma melepaskan empat kali percobaan dan tidak ada yang on target.

Squawka mencatat Spanyol melewatkan empat peluang bagus saat melawan Swedia. Salah satunya adalah saat tembakan Morata menyamping dari gawang meski tinggal berhadapan dengan kiper Swedia, Robin Olsen.

Superioritas Spanyol tak membuahkan kemenangan, Luis Enrique menilai hasil melawan Swedia tidak adil.

"Kami superior dibandingkan lawan, yang memutuskan untuk bertahan dan bertahan, dan mengancam lewat umpan-umpan panjang dan mereka nyaris menang," ujar Enrique seperti dilansir Sport.

"Ini tidak adil, saya merasa tidak enak kepada para pemain dan fans, tapi kami tidak akan berhenti mencoba."

Diimbangi Swedia dengan skor 0-0, Spanyol berarti sudah melewati dua pertandingan terakhirnya tanpa mencetak gol. Di laga uji coba sebelum Piala Eropa 2020, mereka juga bermain imbang 0-0.

"Selalu sama. Ketika Anda tidak mencetak gol, mereka bertanya apakah Anda khawatir, dan ketika kebobolan, sama saja. Yang coba kami lakukan adalah membuat peluang, tapi kami tidak menuntaskannya. Dengan banyak kesialan, saya pernah kalah di pertandingan seperti ini," ucap Enrique soal keran gol Spanyol yang mampat.

"Lapangannya juga tidak banyak membantu, para pemain sudah mengeluhkan ini di ruang ganti. Kami perlu lapangan dalam kondisi lebih baik, tapi itu bukan alasan," katanya.

Spanyol selanjutnya akan menghadapi Polandia di laga kedua Grup E Piala Eropa 2020 pada Minggu (20/6/2021) dini hari WIB.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini.

(nds/cas)