Kalimat Pertama Eriksen Usai Sadar dari Kolaps: Saya Baru 29 Tahun!

Randy Prasatya - Sepakbola
Jumat, 18 Jun 2021 05:30 WIB
Paramedics using a stretcher to take out of the pitch Denmarks Christian Eriksen after he collapsed during the Euro 2020 soccer championship group B match between Denmark and Finland at Parken stadium in Copenhagen, Denmark, Saturday, June 12, 2021. (Friedemann Vogel/Pool via AP)
Christian Eriksen langsung mengingat usianya saat sadar dari kolaps. (Foto: AP/Friedemann Vogel)
Jakarta -

Jens Kleinefeld selaku dokter dari Timnas Denmark berkisah terkait komunikasinya dengan Christian Eriksen usai sadar dari kolaps. Begini ceritanya!

Eriksen tiba-tiba ambruk jelang turun minum dalam laga Denmark vs Finlandia di matchday pertama Grup B Euro 2020. Tim medis buru-buru menangani gelandang Denmark itu dan akhirnya berhasil sadar sebelum dibawa ke rumah sakit.

Kleinefeld menceritakan momen-momen genting saat menyelamatkan Eriksen dengan melakukan CPR di lapangan. Dia mengungkapkannya dalam wawancara bersama Repubblica.it.

"Dia bangun setelah mendapatkan kejutan pertama, tidak lebih dari 30 detik. Itu adalah momen yang mendebarkan," kata Kleinefeld.

"Saya kemudian bertanya kepadanya: 'Apakah Anda mendengar saya?' dan dia menjawab: 'Ya'. Saya tidak akan pernah melupakan hal pertama yang dia katakan setelah itu 'ya'," Kleinefeld melanjutkan.

Kleinefeld juga mengaku sangat senang karena Eriksen tidak mengalami kerusakan otak. Apalagi pemain milik Inter Milan itu ingat berapa usianya saat ini.

"Dia membuka matanya, menatap saya dan bicara lagi: 'sial, saya baru 29 tahun'. Pada saat yang sama, itu sangat penting karena saya mengerti bahwa otaknya tidak rusak. Setelah itu, dia hanya berkata: 'Saya kembali bersama kalian'," ungkap Kleinefeld.

"Saya tidak berpikir jantung Eriksen berhenti lebih dari satu menit atau satu setengah menit. Untungnya, sengatan listrik pertama yang berlangsung sekitar 30 detik sudah cukup untuk menghidupkannya kembali. Sangat tidak biasa untuk mewujudkannya begitu cepat."

Peluang Eriksen untuk kembali memperkuat Denmark di Euro 2020 sudah tertutup. Mantan pemain Tottenham Hotspur itu juga diragukan bisa kembali merumput.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020 di sini.



Simak Video "Jagokan Belgia di Euro 2020, Vicky Prasetyo: Deretan Pemainnya Oke!"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/bay)