Bruno Fernandes kok Malah Jalan Saat Portugal Dihajar Jerman?

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Minggu, 20 Jun 2021 17:30 WIB
MUNICH, GERMANY - JUNE 19: Mats Hummels of Germany battles for possession with Bruno Fernandes of Portugal during the UEFA Euro 2020 Championship Group F match between Portugal and Germany at Football Arena Munich on June 19, 2021 in Munich, Germany.  (Photo by Kai Pfaffenbach - Pool/Getty Images)
Bruno Fernandes dikritik saat Portugal digasak Jerman 2-4 di Euro 2020. (Foto: Getty Images/Kai Pfaffenbach - Pool)
Munich -

Bruno Fernandes dikritik saat Portugal digasak Jerman 2-4 di lanjutan Euro 2020. Eks pemain timnas Inggris Lee Dixon menilai performa Fernandes lesu.

Bintang sepakbola Portugal itu menjadi starter saat menghadapi Jerman di Allianz Arena, Sabtu (19/6/2021). Mengusung formasi 4-4-1, Fernandes bertandem dengan William Carvalho dan Diogo Jota serta Bernardo Silva di lini tengah untuk menyokong Cristiano Ronaldo yang menjadi ujung tombak.

Pada awalnya, Selecao das Quinas tampil menjanjikan setelah Ronaldo membuka keunggulan di menit ke-15. Namun setelahnya, Portugal melakukan dua kali blunder yang berujung dengan dua gol bunuh diri dari Ruben Dias dan Raphael Guerreiro sehingga Jerman berbalik unggul di akhir babak pertama.

Usai turun minum, Die Mannschaft membenamkan Portugal usai Kai Havertz dan Robin Gosens menceploskan dua gol tambahan untuk unggul 4-1 saat 60 menit. Empat menit kemudian, Bruno Fernandes digantikan Joao Moutinho.

Dengan demikian, Fernandes menandai penampilannya kali ini dengan satu operan kunci dan hanya 34 kali menyentuh bola. Bukan statistik yang oke.

"Seseorang perlu mengatakan kepada Fernandes bahwa timnya sedang tertinggal 1-3," cetus Dixon kepada ITV di tengah-tengah pertandingan, yang dilansir Metro. "Dia itu sedang berjalan-jalan dengan bolanya."

"Padahal dia tadi punya kesempatan untuk berlari ke celah dan mengecoh beberapa pemain di depan dia. Dia sama sekali tidak berenergi saat berlari," ceplos pemain yang pernah ngetop bersama Arsenal itu.

Sebelum pertandingan bergulir 70 menit, Portugal menciptakan gol hiburan dari Diogo Jota. Dengan kekalahan ini, Bruno Fernandes dkk dihadapkan pada situasi yang rumit karena akan bertemu dengan Prancis di laga terakhir pada pekan depan untuk menentukan kelolosan dan posisi akhir di klasemen Grup F.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020 di sini

(rin/krs)