Ceko Vs Inggris: Harry Kane Starter Lagi?

Yanu Arifin - Sepakbola
Senin, 21 Jun 2021 05:00 WIB
LONDON, ENGLAND - JUNE 18: Harry Kane of England shakes hands with Gareth Southgate, Head Coach of England as he is substituted during the UEFA Euro 2020 Championship Group D match between England and Scotland at Wembley Stadium on June 18, 2021 in London, England. (Photo by Facundo Arrizabalaga - Pool/Getty Images)
Striker Inggris, Harry Kane. (Foto: Facundo Arrizabalaga - Pool/Getty Images)
London -

Republik Ceko vs Inggris akan jadi salah satu laga di matchday ketiga Grup D Euro 2020. Apakah Harry Kane, yang belum bikin gol, masih dipercaya jadi starter?

Grup D Euro 2020 akan memainkan laga terakhirnya pada Rabu (23/6) dini hari WIB. Selain Kroasia vs Skotlandia, ada laga Ceko vs Inggris di Stadion Wembley, London.

Inggris sementara masih mengoleksi 4 poin, sama dengan Ceko. Anak asuh Gareth Southgate berada di peringkat dua, kalah selisih gol dengan Ceko.

Inggris bisa lolos ke fase knock out, jika minimal bermain seri dengan Ceko. Maka dari itu, penampilan apik dibutuhkan Inggris guna memastikan tiket 16 besar.

Sorotan kemudian tertuju pada Southgate, terkait pilihannya di lini depan Inggris. Di dua laga terakhir, pria 50 tahun itu memainkan Harry Kane.

Harry Kane,, yang selalu menjadi starter, gagal mengemas gol di dua pertandingan Inggris di Euro 2020, baik saat saat menang atas Kroasia atau ditahan Skotlandia. Padahal Southgate punya banyak opsi di depan, yakni masih ada Marcus Rashford dan Dominic Calvert-Lewin.

Rashford cuma dimasukkan menjadi cadangan di dua laga Inggris, sementara Calvert-Lewin cuma tampil semenit saat melawan Kroasia, alias dimasukkan di masa injury time.

Jelang laga melawan Ceko, Southgate rupanya masih kukuh dengan pilihannya. Ia memastikan Kane masih akan menjadi starter di depan.

"Anda dapat berasumsi bahwa, ya, tentu saja. Dia fundamental, tidak hanya untuk gol yang dia cetak, tetapi juga membangun permainan dan semua hal lain yang dia bawa," kata Southgate, dilansir Sky Sports.

"Saya tahu akan ada banyak pertanyaan yang diajukan tentang dia saat ini, tetapi dia telah melalui itu 100 kali sebelumnya dan saya telah menjawabnya dalam peran ini beberapa kali sebelumnya, dan dia bisa bikin gol di pertandingan berikutnya. Saya berharap hal yang sama akan terus berlanjut," katanya.

Selain Kane, Southgate juga dipertanyakan karena jarang memainkan Jadon Sancho di Euro 2020. Padahal, winger 21 tahun itu punya penampilan apik di Borussia Dortmund, dengan sudah bikin 50 gol dan 64 assist.

(yna/raw)