Euro 2020: Busquets Marah, Tuding Van der Vaart Cari Panggung

Yanu Arifin - Sepakbola
Rabu, 23 Jun 2021 18:15 WIB
MADRID, SPAIN - JUNE 04: Sergio Busquets of Spain runs with the ball during the international friendly match between Spain and Portugal at Wanda Metropolitano stadium on June 04, 2021 in Madrid, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Gelandang Spanyol, Sergio Busquets. (Foto: David Ramos/Getty Images)
Madrid -

Kritikan Rafael van der Vaart soal permainan Timnas Spanyol di Euro 2020 membuat Sergio Busquets meradang. Eks pemain Belanda itu dinilai cuma cari panggung.

Van der Vaart melontarkan kritik soal permainan Spanyol selama tampil di Euro 2020. Menurutnya, Tim Matador cuma bisa oper-operan bola tanpa bikin gol.

Kritikan dilontaran Van der Vaart, yang pernah membela Real Madrid pada 2008-2010 itu, berdasarkan kesulitan Spanyol di dua laga perdananya di Grup E Euro 2020. Busquets dkk memang kesulitan bikin gol, yang sejauh ini baru sekali menjebol gawang lawan.

Saat melawan Polandia, Spanyol cuma berimbang 1-1. Kemudian menghadapi Swedia, juara Piala Dunia 2010 itu ditahan tanpa gol.

"Yang pemain Spanyol lakukan sepanjang laga hanya mengoper dari satu sisi lapangan ke sisi lapangan lainnya," ujarnya seperti dilansir dari NOS.

"Mereka tidak tahu bagaimana menuntaskan umpan dan menciptakan peluang. Mereka kebingunan di sepertiga akhir lapangan," tambahnya.

Kritikan Van der Vaart sempat membuat Koke meradang, dan mengejek balik lewat foto kekalahan Van der Vaart di final Piala Dunia 2010. Kini, giliran Busquets meradang.

Gelandang Barcelona itu menyebut Rafael van der Vaart cuma mencari ketenaran lewat kritikannya. Busquets juga mengaku tidak akan membalasnya, kendati punya banyak 'senjata' untuk mempermalukan pria yang kini jadi atlet dart itu.

"Ketika Anda menggunakan kata semacam itu, Anda kehilangan makna apa pun. Saya tidak mengerti mengapa dia, sebagai mantan pemain, berbicara seperti itu untuk ketenaran atau kejayaan," kata Busquets kepada Mediaset.

"Saya pikir itu memalukan."

"Dia membiarkan dirinya tak berguna. Saya bisa lebih mendiskreditkannya sebagai pribadi, untuk berbagai bentrokan yang saya alami dengannya dalam kariernya yang diingat semua orang, tapi saya tidak akan melakukannya," kata Busquets.

Spanyol sendiri akan menghadapi Slovakia, Rabu (23/6) malam WIB. Kemenangan dibutuhkan Spanyol, sebab baru mengoleksi dua poin, dan sementara berada di peringkat tiga Grup E, di bawah Swedia (4) dan Slovakia (3).

Lihat juga video 'Inggris dan Kroasia Lolos Fase Knockout Grup D Euro 2020':

[Gambas:Video 20detik]



(yna/cas)