Euro 2020: Inggris Dianggap Bukan Rival Utama Jerman

Bayu Baskoro - Sepakbola
Jumat, 25 Jun 2021 23:10 WIB
Football Soccer - Germany v England - International Friendly - Signal-Iduna-Park, Dortmund, Germany - 22/3/17 Germanys Marc-Andre ter Stegen saves from Englands Dele Alli  Reuters / Wolfgang Rattay Livepic
Inggris dan Jerman kerap bertemu di ajang-ajang internasional. (Foto: Reuters / Wolfgang Rattay)
London -

Rivalitas Inggris dan Jerman sudah terjadi sejak lama. Meski begitu, The Three Lions dianggap bukan sebagai lawan terbesar Die Mannschaft.

Inggris vs Jerman tersaji di babak 16 besar Piala Eropa 2020. Duel dua tim raksasa Eropa ini digelar di Stadion Wembley, Selasa (29/6/2021) malam WIB.

Kedua kesebelasan memiliki sejarah rivalitas yang sudah ada sejak 1930. Baik Inggris mau pun Jerman beberapa kali saling menaklukkan di turnamen-turnamen bergensi.

Inggris sukses menjadi juara Piala Dunia 1966 setelah mengalahkan Jerman (dulu Jerman Barat) pada babak final di Stadion Wembley. 30 tahun kemudian di lokasi yang sama, giliran Die Mannschaft menaklukkan The Three Lions di semifinal Euro 1996.

Pertemuan terakhir kedua tim pada turnamen internasional terjadi di babak 16 besar Piala Dunia 2010. Kala itu, Jerman berhasil menyingkirkan Inggris 4-1.

Aroma rivalitas Inggris vs Jerman kembali mencuat menjelang pertemuan kedua tim di Euro 2020. Namun, persaingan tersebut rupanya ditanggapi santai oleh legenda Timnas Jerman, Dietmar Hamann.

Dalam pandangan Hamann, Inggris bukanlah rival terbesar Jerman di arena sepakbola. Gelar tersebut diakuinya lebih pantas disandang negara-negara lain yang kerap menyulitkan Jerman seperti Prancis, Argentina dan Spanyol.

"Saya tidak pernah menggambarkan Inggris sebagai rival terbesar Jerman. Saingan terberat kami selalu dilihat sebagai tim yang paling sering menyulitkan kami," kata Hamann, dilansir dari Daily Mail.

"Tim tersebut adalah Prancis, atau dalam beberapa tahun sebelumnya adalah Argentina yang mana sering kami hadapi di final, semifinal dan perempatfinal Piala Dunia. Kemudian kami juga selalu melihat pertandingan melawan Spanyol," sambungnya.

"Tentu ada sejarahnya menghadapi Inggris, kami semua ingat Euro 1996 sebagai sesuatu yang spesial. Saya mengerti pertandingan ini adalah yang paling ditunggu, tapi Inggris bisa dibilang hanya laga besar ketimbang menjadi duel terberat buat Jerman," pungkasnya.



Simak Video "11 Stadion Laga Euro 2020, Mana yang Ingin Kamu Kunjungi?"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/rin)