Biarkan Eriksen Tenang, Jangan Spekulasikan Masa Depannya

Adhi Prasetya - Sepakbola
Sabtu, 26 Jun 2021 20:30 WIB
INNSBRUCK, AUSTRIA - JUNE 02: Christian Eriksen of Denmark looks on during the national anthem prior to the international friendly match between Germany and Denmark at Tivoli Stadion Tirol on June 02, 2021 in Innsbruck, Austria.  (Photo by Federico Gambarini - Pool/Getty Images)
Eriksen kini dipasang ICD di dalam tubuhnya. Foto: Federico Gambarini - Pool/Getty /Pool
Jakarta -

Karier sepakbola Christian Eriksen terancam tamat akibat penyakit jantung yang dideritanya. Namun publik diminta tak asal main hakim mengatakan demikian, melihat apa yang terjadi pada Daley Blind.

Eriksen sempat mengalami henti jantung saat membela Timnas Denmark di Piala Eropa 2020. Nyawanya berhasil diselamatkan, dan ia sudah keluar dari rumah sakit setelah dipasang Implantable Cardioverter Defibrillator (ICD) di tubuhnya.

Meski kondisinya berangsur membaik, Eriksen terancam tak bisa bermain sepakbola lagi, khususnya di Liga Italia tempatnya bernaung saat ini. Itu disebabkan aturan di negeri pizza yang melarang pemain yang memiliki ICD di tubuhnya untuk berkompetisi.

Meski begitu, Eriksen mungkin masih bisa bermain lagi, merujuk pada bek Ajax Amsterdam dan Timnas Belanda Daley Blind. Eks pemain Manchester United itu juga saat ini memiliki ICD di tubuhnya, imbas dari radang otot jantung yang dideritanya pada 2019 lalu.

Sekarang Blind bisa kembali berkarier dengan normal, dan mungkin hal yang sama bisa terjadi pada mantan rekan setimnya itu.

"Semua orang bilang kepada saya bahwa semua sudah berakhir, saya tak akan bisa bermain bola lagi. Tapi lihat di mana saya sekarang," kata Blind, dikutip Marca.

AMSTERDAM, NETHERLANDS - MAY 02:  (L-R) Daley Blind, Christian Eriksen, Andre Ooijer and Captain, Jan Vertonghen of Ajax hold the trophy and celebrate after winning the Eredivisie League title at Amsterdam Arena on May 2, 2012 in Amsterdam, Netherlands.  (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)Blind dan Eriksen saat masih bersama-sama di Ajax pada tahun 2012. Foto: Getty Images/Dean Mouhtaropoulos

"Makanya, saya minta semua orang sekarang tak usah ganggu Eriksen, biarkan dia tenang dulu."

"Tak ada alasan mengapa saya tak bisa lanjut bermain di level tertinggi, yang paling penting sekarang adalah merasa bebas tak terbebani secara mental," lanjut pemain 31 tahun itu.

Blind sempat dilanda kekhawatiran saat Eriksen kolaps di laga Denmark vs Finlandia pada 12 Juni lalu. Sebab ia harus bermain untuk Belanda melawan Ukraina sehari setelahnya dan takut tumbang juga di lapangan.

Namun akhirnya dirinya mampu tampil 64 menit di lapangan dan sehat-sehat saja. Ia juga kembali diturunkan saat melawan Austria dan Makedonia Utara.

(adp/raw)