Belanda Banyak Striker, Banyak Berkah

Putra Rusdi K - Sepakbola
Minggu, 27 Jun 2021 00:32 WIB
Denzel Dumfries, covered by his teammates, of the Netherlands celebrates after scoring his sides second goal during the Euro 2020 soccer championship group C match between the The Netherlands and Austria at Johan Cruijff ArenA in Amsterdam, Netherlands, Thursday, June 17, 2021. (John Thys, Pool via AP)
Belanda diberkahi banyak pilihan di lini depan pada Piala Eropa 2020 (Foto: AP/John Thys)
Budapest -

Ruud van Nistelrooy menyebut Belanda diberkahi banyak pilihan di lini depan pada Euro 2020. De Oranje menjadi tim terproduktif di babak fase grup.

Belanda bakal bersua Republik Ceko di Puskas Arena, Budapest, pada laga 16 besar Piala Eropa 2020, Minggu (26/6/2021) malam WIB. Laga ini bisa disaksikan di Mola via detikcom di sini.

De Oranje melaju ke 16 besar dengan catatan apik di fase grup. Mereka menjuarai Grup C dengan poin sempurna sembilan usai mengalahkan Ukraina 3-2, Austria 2-0 dan Makedonia Utara 3-0.

Tajamnnya lini depan menjadi senjata pasukan Frank de Boer. Keberhasilan Belanda menciptakan 8 gol membuat mereka menjadi negara terproduktif di babak fase grup.

Asisten pelatih sekaligus legenda Belanda, Ruud van Nistelrooy, mengungkapkan bahwa Belanda di Euro kali ini memang dianugerahi banyak pilihan di lini serang. Gerginio Wijnaldum dan Memphis Depay jadi andalan utama.

Wijnaldum sudah mencetak tiga gol, sedangkan Depay menyumbang dua gol. Selain keduanya, Belanda masih memiliki Donyell Malen, Wout Weghorst, Quincy Promes dan Cody Gakpo sebagai alternatif lain di lini depan.

Nama-nama tersebut semuanya sudah pernah dimainkan oleh De Boer di Euro 2020. Weghorst turut berkontribusi dengan menyumbang satu gol dan Mallen bisa membukukan dua assist.

"Selain tandem Memphis/Gini, yang mampu berbicara dengan kemampuannya sendiri. Kami memiliki opsi bagus lainnya. Sayang sekali Luuk [de Jong] harus meninggalkan kami karena cedera," ujar Nistelrooy dikutip dari situs resmi UEFA.

"Dia dan Wout (Weghorst) adalah penyerang tengah klasik. Kami juga masih memiliki Donyell (Malen), Quincy (Promes) dan Cody (Gakpo) yang bisa . Itu merupakan kemewahan bagi seorang pelatih," jelasnya.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini.



Simak Video "Budapest dan Munich Jadi Tuan Rumah Piala Eropa, Ada Apa Saja di Sana?"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/mrp)