Italia Ukir Rekor Usai Lolos ke Semifinal Euro 2020

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Sabtu, 03 Jul 2021 13:10 WIB
Italy players celebrate after winning the Euro 2020 soccer championship quarterfinal match between Belgium and Italy at at the Allianz Arena in Munich, Germany, Friday, July 2, 2021. (AP Photo/Philipp Guelland, Pool Photo via AP)
Italia mencetak kemenangan terpanjang di Euro setelah mengalahkan Belgia 2-1. (Foto: AP/Philipp Guelland)
Jakarta -

Italia berhasil menyisihkan Belgia usai menang dengan skor 2-1. Italia berhak lolos ke semifinal Euro 2020 sekaligus menciptakan rekor kemenangan terpanjang.

Duel perempatfinal antara Belgia vs Italia dilangsungkan di Allianz Arena, Munich, Sabtu (3/7/2021) dinihari WIB. Gli Azzurri melahirkan start ciamik dengan unggul dua gol melalui Nicolo Barella dan Lorenzo Insigne.

Jelang turun minum, Romelu Lukaku mengonversi penalti menjadi gol untuk menipiskan keunggulan the Red Devils 1-2. Di babak kedua, Belgia beberapa kali mengancam gawang Italia tapi tidak sanggup membuat gol balasan sehingga tersingkir.

Kemenangan itu mengantar Italia ke babak empat besar untuk berjumpa dengan Spanyol di Wembley, London pada 6 Juli. Selain itu, ini merupakan kemenangan ke-15 Italia berturut-turut di Piala Eropa (termasuk kualifikasi), rekor kemenangan terpanjang di kompetisi ini melewati Belgia dan Jerman (14).

Italia terakhir kali gagal menang di turnamen ini adalah ketika disingkirkan Jerman di perempatfinal Piala Eropa 2016 lewat adu penalti usai bermain 1-1 hingga perpanjangan waktu.

"Kami sangat gembira, karena kami bekerja sangat keras untuk mencapai tujuan ini dan kami melawan sebuah tim yang hebat, yang merupakan salah satu pesaing juara," ujar gelandang Italia Marco Verratti kepada RAI Sport usai pertandingan.

"Kami memainkan permainan terbuka, tetap pada karakteristik kami dan menampilkan performa yang hebat. Jadi kami lebih dari bahagia. Ini adalah sebuah kemenangan tim, kami sudah berjuang dari menit pertama sampai menit ke-90, dan akan menjadi ujian berat lainnya dengan menghadapi Spanyol."

Berikut ini adalah tim-tim dengan laju kemenangan terpanjang di Piala Eropa (termasuk kualifikasi dan putaran final), dilansir dari Uefa.com:

ItaliaTim-tim dengan rekor kemenangan terpanjang di pentas Piala Eropa termasuk kualifikasi dan putaran final. Foto: Uefa.com

Simak video 'Italia Vs Belgia 2-1, Gli Azzuri ke Semifinal Euro 2020'

[Gambas:Video 20detik]



(rin/aff)