21 Tahun Lalu Beckham-Scholes, Kini Shaw-Maguire

Kris Fathoni W - Sepakbola
Minggu, 04 Jul 2021 14:10 WIB
12 Jun 2000:  Paul Scholes is congratulated by England teammates David Beckham and Michael Owen during the European Championships 2000 group match against Portugal at the Philips Stadium in Eindhoven, Holland.  Portugal won the match 3-2.  Mandatory Credit: Ben Radford /Allsport
Paul Scholes merayakan gol dari assist David Beckham saat menjebol gawang Portugal di Euro 2000. (Foto: Getty Images/Ben Radford)
Jakarta -

Assist Luke Shaw dalam gol Harry Maguire saat Inggris menyisihkan Ukraina memiliki hubungan dengan situasi David Beckham-Paul Scholes pada 21 tahun lalu.

Inggris sudah memastikan tiket semifinal Euro 2020 berkat kemenangan dengan skor 4-0 atas Ukraina yang dihadapi di babak perempatfinal, Minggu (4/7) dini hari WIB.

The Three Lions unggul cepat di menit keempat setelah Harry Kane memanfaatkan sodoran bola Raheem Sterling. Kedudukan 1-0 bertahan sampai half time.

Di menit-menit awal babak kedua, Luke Shaw mengambil tendangan bebas untuk mengirimkan bola yang kemudian dapat dikonversi Harry Maguire. Gol kedua Inggris ke gawang Ukraina itu lahir lewat 'Manchester United connection'.

Shaw dan Maguire adalah rekan satu klub di Man United. Keduanya bahu-membahu dalam mengawal pertahanan Setan Merah sebagai bek kiri dan bek tengah, sebagaimana yang juga mereka lakoni di timnas Inggris.

England's defender Harry Maguire (back) celebrates with England's defender Luke Shaw after scoring the second goal during the UEFA EURO 2020 quarter-final football match between Ukraine and England at the Olympic Stadium in Rome on July 3, 2021. (Photo by ALBERTO LINGRIA / POOL / AFP)Harry Maguire merayakan golnya bersama Luke Shaw. Foto: AFP/ALBERTO LINGRIA

Aksi Luke Shaw dan Harry Maguire dalam laga lawan Ukraina ini ternyata menghadirkan catatan tersendiri. Secara khusus menyangkut dua pesepakbola pada generasi lalu, yang membela Manchester United dan juga timnas Inggris: David Beckham dan Paul Scholes.

Beckham dan Scholes, yang pada masa jayanya pernah menjadi tulang punggung lini tengah MU dan Inggris, juga pernah berkolaborasi seperti Shaw-Maguire. Tepatnya, Beckham memberi assist buat gol Scholes ke gawang Portugal di Euro 2000.

Nah, menurut BBC, setelah aksi Beckham-Scholes pada 21 tahun lalu itu, baru kali ini lagi ada dua pemain Manchester United (Shaw-Maguire) yang berkombinasi untuk bikin gol di timnas Inggris dalam sebuah turnamen utama.

Yang sedikit membedakan, aksi Shaw-Maguire di Euro 2020 kali ini hadir saat Inggris menang 4-0 atas Ukraina untuk memastikan lolos ke semifinal. Sementara kombinasi Beckham-Scholes di Euro 2000 terjadi di fase grup saat tunduk 2-3 dari Portugal. Saat itu Inggris juga tidak lolos ke babak berikutnya setelah cuma bisa finis ketiga di klasemen akhir grupnya.

(krs/cas)