Chiellini Sudah Memprediksi Inggris Akan Lolos ke Final Euro 2020

Adhi Prasetya - Sepakbola
Jumat, 09 Jul 2021 07:00 WIB
Englands Harry Kane, right, reacts after scoring his teams second goal during the Euro 2020 soccer championship semifinal between England and Denmark at Wembley stadium in London, Wednesday, July 7, 2021. (Justin Tallis/Pool Photo via AP)
Inggris saat mengalahkan Denmark di semifinal. Foto: AP/Justin Tallis
Jakarta -

Kapten Italia Giorgio Chiellini sejak awal sudah memprediksi Inggris akan lolos ke final Euro 2020. Ada sejumlah faktor yang menjadi alasan bek 36 tahun itu.

Italia melaju ke final untuk kali pertama sejak 2012, usai mengalahkan Spanyol di semifinal lewat adu penalti. Jika pada saat itu Gli Azzurri hanya menjadi runner-up, kini Chiellini ingin menuntaskan rasa penasaran dengan menjadi juara.

Namun Chiellini sadar perjuangan Italia tak akan mudah. Setelah menyapu bersih tiga kemenangan tanpa kebobolan di fase grup, perjalanan terjal pun harus dilalui di fase gugur.

Italy's Giorgio Chiellini warms up ahead of the Euro 2020 soccer championship semifinal between Italy and Spain at Wembley stadium in London, Tuesday, July 6, 2021. (AP Photo/Matt Dunham,Pool)Giorgio Chiellini saat berlatih bersama Timnas Italia. Foto: AP/Matt Dunham

Italia harus susah payah menumbangkan Austria di 16 besar, lalu berjuang keras membungkam Belgia di perempatfinal, dan terakhir butuh drama tos-tosan untuk menyingkirkan Spanyol di semifinal.

Kini, Inggris sudah menanti di laga puncak. Sebuah tim yang berat dihadapi, mengingat sudah 55 tahun lamanya mereka tak mengangkat trofi bergengsi. Selain itu, penampilan di lapangan pun impresif, dengan baru sekali kebobolan selama turnamen.

Rupanya sejak awal Chiellini sudah menjagokan Inggris yang akan menjadi salah satu finalis. Ia sudah mengira skuad asuhan Gareth Southgate tak akan terbendung hingga ke final.

"Saya langsung berpikir Inggris akan menjadi kandidat kuat juara Euro 2020. Mereka punya kualitas dan fisik yang bagus, juga solid dan terorganisasi. Tak terlihat sebagai lawan mudah, mereka susah dikalahkan," kata Chiellini kepada RAI Sport.

"Inggris mencapai semifinal di Piala Dunia lalu, dan sudah bisa diperkirakan mereka akan lolos ke final, sebab mereka memainkan 6 dari 7 laga mereka di kandang sendiri (Wembley)."

"Inggris bukan cuma (Harry) Kane, mereka juga punya pemain-pemain luar biasa yang menyerang dari sayap. Pemain cadangan mereka saja mampu memenangi Euro 2020, seperti kemarin mereka memiliki Jack Grealish, Jadon Sancho, Marcus Rashford, Dominic Calvert-Lewin, dan Phil Foden."

England's Harry Kane, right, reacts after scoring his team's second goal during the Euro 2020 soccer championship semifinal between England and Denmark at Wembley stadium in London, Wednesday, July 7, 2021. (Justin Tallis/Pool Photo via AP)Inggris melaju ke final Piala Eropa untuk kali pertama sepanjang sejarah. Foto: AP/Justin Tallis

"Laga final nanti akan menjadi pertandingan sepakbola yang luar biasa, tak ada yang takut satu sama lain namun kami tetap saling menghormati," jelas Chiellini.

Italia vs Inggris akan dilangsungkan di Wembley pada Senin (12/7/2021) pukul 02.00 WIB.

(adp/rin)