Euro 2020: Italia Bisa Bermain dengan Gaya Apa Saja

Randy Prasatya - Sepakbola
Jumat, 09 Jul 2021 14:40 WIB
LONDON, ENGLAND - JULY 06: (L-R) Leonardo Bonucci, Andrea Belotti, Domenico Berardi and Rafael Toloi of Italy celebrate following their teams victory in the penalty shoot out after the UEFA Euro 2020 Championship Semi-final match between Italy and Spain at Wembley Stadium on July 06, 2021 in London, England. (Photo by Carl Recine - Pool/Getty Images)
Timnas Italia berhasil melaju ke final Euro 2020. (Foto: Getty Images/Carl Recine - Pool)
Jakarta -

Italia mampu melaju ke final Euro 2020. Pencapaian itu tak lepas dari keberhasilan Gli Azzurri beradaptasi dengan lawan-lawannya.

Pada ajang Euro 2020, Italia mampu menjadi juara Grup A tanpa kebobolan dan poin sempurna. Di babak 16 besar, laju Italia sempat tertatih karena harus mengalahkan Austria sampai extra time.

Italia di perempatfinal kembali tampil oke saat melawan Belgia. Lewat permainan yang meyakinkan. tim besutan Roberto Mancini menang dengan skor 2-1.

Spanyol menjadi ujian berat Italia di semifinal. Jorginho dkk. kalah penguasaan bola dan harus bermain imbang 1-1 sampai extra time tuntas.

Laga pun harus ditentukan lewat adu penalti. Italia bernasib mujur di adu tos-tosan dengan menang 4-2, meski Manuel Locatelli selaku eksekutor pertama gagal menjalankan tugas dengan baik.

Italia di laga final berhadapan dengan Inggris di Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB. Laju ini sekaligus menjawab keraguan banyak pihak, yang sebelumnya tak diprediksi menjadi kandidat juara.

Mantan pelatih Timnas Italia, Antonio Conte, menegaskan bahwa Giorgio Chiellini dkk. layak untuk masuk final. Keberhasilan ini tak lepas dari upaya Italia beradaptasi dengan baik dalam menyesuaikan lawan-lawannya.

"Italia sepenuhnya layak berada di final karena mereka membuktikan diri sebagai tim yang lebih komplet daripada lawan manapun yang mereka hadapi, mampu menghadapi berbagai situasi berbeda, baik dengan maupun tanpa bola," kata Conte kepada La Gazzetta dello Sport.

"Mereka selalu berusaha mempertahankan ide, identitas, dan gaya mereka sendiri, tetapi juga mampu beradaptasi dengan kualitas fisik, teknis, dan taktis lawan mereka, menemukan cara terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal," Conte menegaskan.

Italia punya modal bagus melawa Inggris. Azzurri baru satu kali kalah saat bertemu Inggris di Piala Eropa atau Piala Dunia, satu imbang, dan enam kali menang.

(ran/aff)