Gelar 'Sir' untuk Southgate Andai Bawa Inggris Juara Euro 2020

Bayu Baskoro - Sepakbola
Sabtu, 10 Jul 2021 23:01 WIB
LONDON, ENGLAND - JUNE 29: Gareth Southgate, Head Coach of England celebrates after victory in the UEFA Euro 2020 Championship Round of 16 match between England and Germany at Wembley Stadium on June 29, 2021 in London, England. (Photo by Frank Augstein - Pool/Getty Images)
Gareth Southgate mengantarkan Inggris ke final Piala Eropa 2020. (Foto: Getty Images/Frank Augstein - Pool)
London -

Gareth Southgate kabarnya akan dianugerahi gelar 'Sir' dari Kerajaan Inggris. Syaratnya? Dia mesti mengantarkan Tim Tiga Singa juara Piala Eropa 2020.

Southgate berhasil mengantarkan Harry Kane dkk ke final Euro 2020. Ini menjadi partai puncak pertama Timnas Inggris pada turnamen besar dalam 55 tahun terakhir.

Euforia pun dirasakan masyarakat Inggris atas keberhasilan tim nasional mereka ke final. Rakyat negeri Ratu Elizabeth berharap kesebelasan mereka mampu menuntaskan puasa gelar, sejak terakhir kali menjadi juara Piala Dunia 1966.

Gareth Southgate menjadi sosok yang mendapat banyak pujian dari masyarakat Inggris. Dia dianggap berhasil membesut Tim Tiga Singa sejak ditunjuk sebagai manajer pada 2018.

Prestasi Timnas Inggris bersama Southgate bisa dikatakan cukup oke. Dia mengantarkan anak asuhnya menjadi semifinalis Piala Dunia 2018 dan UEFA Nations League 2019, sebelum melangkah ke final Euro 2020.

Southgate akan memimpin Inggris di partai final Piala Eropa melawan Timnas Italia. Laga penentuan juara digelar pada Senin (12/7/2021) dinihari WIB di Stadion Wembley.

Melansir laporan The Sun, Southgate diganjar penghargaan tertinggi dari negara apabila dia sukses memenangi laga final Piala Eropa 2020. Kerajaan Inggris kabarnya bakal memberikan gelar kebangsawanan 'Sir' kepada manajer 50 tahun itu.

Southgate juga diganjar penghargaan Commander of the Most Excellent Order of British Empire (CBE) dari Kerajaan Inggris, terlepas dari hasil laga Italia vs Inggris. Dia sebelumnya sudah menerima penghargaan Officer of the Most Excellent Order of British Empire (OBE) pada 2019.

Pemerintah Inggris turut memberikan pujian kepada kinerja Southgate di tim nasional. Perdana Menteri Boris Johnson menilai, Southgate telah melakukan pekerjaan yang luar biasa.

"Jelas Gareth Southgate telah bekerja dengan sangat luar biasa. Apa yang menakjubkan saya adalah bagaimana dia memvariasikan, mencampurkan, dan memainkan serangkaian opsi yang berbeda, tergantung pada pertandingan yang akan dihadapinya," kata Johnson, dilansir dari The Sun.



Simak Video "Kerumunan Suporter Inggris Jelang Final Euro 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/raw)