Final Euro 2020: Ratu Elizabeth II Lecut Inggris dengan Kenangan Ini

Yanu Arifin - Sepakbola
Minggu, 11 Jul 2021 03:00 WIB
PERTH, AUSTRALIA - OCTOBER 26:   Queen Elizabeth II arrives at Perth International Airport on October 26, 2011 Perth, Western Australia.  Queen Elizabeth II and Prince Philip, Duke of Edinburgh are on a 10-day visit to Australia and have arrived in Perth for the Commonwealth Heads of Government meeting after previously travelling to Canberra, Brisbane, and Melbourne. This is the Queens 16th official visit to Australia.  (Photo by Ian Munro/The West Australian - Pool/Getty Images)
Ratu Elizabeth II membakar semangat Timnas Inggris jelang final Euro 2020. (Foto: dok. Getty Images
London -

Jelang Final Euro 2020, Inggris mendapat lecutan semangat dari Ratu Elizabeth II. Sebuah kenangan manis diharapkan bisa membakar semangat The Three Lions.

Final Euro 2020 akan mempertemukan Italia vs Inggris. Laga digelar di Stadion Wembley, London, Senin (12/7/2021) dini hari WIB.

Inggris begitu didambakan masyarakatnya untuk bisa menjadi juara. Maklum, sudah enam dekade lebih gelar kejuaraan utama belum lagi pulang.

Terakhir kali Inggris mengangkat piala bergengsi, terjadi di Piala Dunia 1966. Ketika itu, Bobby Moore dkk menjadi juara dengan mengalahkan Jerman Barat di final.

Sejak saat itu, Inggris belum lagi menjadi juara. Capaian terbaiknya cuma finis di posisi empat Piala Dunia 1990 dan 2018, dan di Euro bahkan final kali ini menjadi capaian terbaiknya.

Maka dari itu, di Euro 2020, slogan Football Is Coming Home atau sepakbola pulang ke negara penemunya, dikobarkan masyarakat Inggris. Mereka berharap gelar bergengsi bisa benar-benar datang lagi.

Ratu Elizabeth II, yang pada 1966 mendapat kesempatan menyerahkan trofi Piala Dunia ke Bobby Mooore, mengaku masih ingat bagaimana para pemain begitu bahagia. Kini, ia berharap atmosfer itu bisa dirasakan lagi oleh Harry Kane dkk.

"Lima puluh lima tahun yang lalu, saya beruntung mempersembahkan Piala Dunia kepada Bobby Moore dan melihat apa artinya bagi para pemain, manajemen, dan staf pendukung untuk mencapai dan memenangkan final turnamen internasional utama sepakbola," kata Ratu Elizabeth II dilansir Gazzette.

"Saya dan keluarga ingin menyampaikan ucapan selamat kepada Anda semua, karena mencapai final Kejuaraan Eropa. Terkirim harapan baik saya untuk besok, dengan harapan sejarah tidak hanya akan mencatat kesuksesan Anda, tetapi juga semangat, komitmen, dan kebanggaan yang telah anda lakukan sendiri," ujarnya.

(yna/bay)