Final Euro 2020: Striker Mejan, Bek Malah Unjuk Gigi

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 12 Jul 2021 18:35 WIB
LONDON, ENGLAND - JULY 11: Leonardo Bonucci of Italy celebrates after scoring their sides first goal during the UEFA Euro 2020 Championship Final between Italy and England at Wembley Stadium on July 11, 2021 in London, England. (Photo by Claudio Villa/Getty Images)
Leonardo Bonucci mencetak gol di partai final Euro 2020 (Getty Images/Claudio Villa)
London -

Final Euro 2020 bukan milik para striker termasuk bomber Timnas Inggris Harry Kane. Yang ada bek-bek malah bersinar di partai ini.

Italia dan Inggris berebut trofi juara di Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB. Inggris yang didukung ribuan suporternya unggul duluan pada menit kedua lewat gol Luke Shaw.

Tapi, Italia bangkit dan menekan Inggris sebelum bisa menyamakan skor di menit ke-62 lewat Leonardo Bonucci. Setelah itu pertandingan relatif berjalan datar tanpa adanya peluang berbahaya dari kedua tim.

LONDON, ENGLAND - JULY 11: Luke Shaw of England celebrates after scoring their team's first goal during the UEFA Euro 2020 Championship Final between Italy and England at Wembley Stadium on July 11, 2021 in London, England. (Photo by Facundo Arrizabalaga - Pool/Getty Images)Luke Shaw menjebol gawang Italia Foto: Getty Images/Facundo Arrizabalaga - Pool

Hingga pertandingan harus dituntaskan lewat adu penalti dan Italia tampil sebagai pemenang usai menang dengan skor 3-2. Italia pun meraih gelar juara keduanya di turnamen setelah 1968.

Ada yang unik dari final Euro 2020 ketika para pemain yang digadang-gadang bakal bersinar malah mejan. Dari Italia, Ciro Immobile tampil buruk dan digantikan di pertengahan babak kedua.

Lorenzo Insigne dan Federico Chiesa juga tidak bikin gol meski bermain 90 menit. Sementara Kane yang tajam di babak gugur malah mejan karena tidak bikin gol sama sekali.

Demikian juga Raheem Sterling yang tidak membuat tembakan sama sekali sepanjang 120 menit! Kebetulan pemain itu berposisi striker.

Sementara, gol-gol malah datang dari pemain belakang yang seharusnya menjaga pertahanan, yakni Shaw dan Bonucci. Dicatat ESPN, ini jadi final Piala Eropa/Piala Dunia pertama yang semua golnya dibuat pemain bertahan.

Jimat Italia mungkin ada di pemain belakang karena dua gol terakhir mereka di final, semuanya dicetak dari posisi itu. Pada final Piala Dunia 2006 ada Marco Materazzi sebelum Bonucci, yang sama-sama berposisi bek tengah.

Leonardo Bonucci juga jadi pencetak gol tertua di laga final Euro pada usia 34 tahun 71 hari, mengalahkan rekor Bernd Holzenbein pada 1976 di usia 30 tahun 103 hari.

(mrp/nds)