Lionel Messi Bisa Raih Ballon d'Or Ketujuh? Ini Para Rivalnya

Kris Fathoni W - Sepakbola
Rabu, 14 Jul 2021 11:27 WIB
RIO DE JANEIRO, BRAZIL - JULY 10: Lionel Messi of Argentina kisses the trophy as he celebrates with teammates after winning the final of Copa America Brazil 2021 between Brazil and Argentina at Maracana Stadium on July 10, 2021 in Rio de Janeiro, Brazil. (Photo by Alexandre Schneider/Getty Images)
Lionel Messi Bisa Raih Ballon d'Or Ketujuh? Ini Para Rivalnya. (Foto: Getty Images/Alexandre Schneider)
Jakarta -

Usai Argentina juara Copa America 2021, Lionel Messi mencuat sebagai kandidat peraih Ballon d'Or tahun ini. Ada sejumlah pemain lain yang diprediksi bakal jadi rivalnya.

Messi akhirnya meraih trofi turnamen utama bersama Argentina, berkat keberhasilan mengalahkan Brasil di final Copa America 2021 yang digelar di Maracana pada akhir pekan lalu.

Trofi bersama tim Tango itu turut melengkapi pencapaian Messi di dunia sebelum ini, yang lebih banyak menghadirkan prestasi individu dan di level klub bersama Barcelona.

Seiring keberhasilan Argentina juara Copa America 2021 tersebut, Lionel Messi pun disebut-sebut masuk jajaran peraih Ballon d'Or tahun ini. Apalagi ajang Copa America, Piala Eropa, dan Piala Dunia lazim menentukan pemenang buat pemain terbaik itu.

Lionel Messi sendiri, sekalipun tak kuasa membawa Barcelona berjaya di LaLiga atau Liga Champions, masih mampu unjuk gigi sepanjang musim. Marca menyebut, Messi melakoni 47 laga tahun ini dengan 38 gol dan 14 assist, plus 26 predikat man of the match.

La Pulga juga menjadi top skor LaLiga, yang dilengkapi dengan gelar top skor Copa America lewat 4 gol dan 5 assist. Lionel Messi terlibat dalam 9 dari 12 gol Argentina pada musim panas ini. Sebelum meraih gelar juara Copa America 2021 bersama Argentina, Messi paling tidak juga masih bisa membawa Barcelona juara Copa del Rey.

Namun, Lionel Messi tidak sendirian dalam jajaran pemain yang digadang-gadang bakal menang dalam perebutan Ballon d'Or -- yang tahun lalu tidak dilangsungkan akibat terimbas pandemi COVID-19. Ada sejumlah pemain yang diprediksi merintangi usaha Messi dalam meraih gelar Ballon d'Or yang ketujuhnya.

Jajaran itu sendiri boleh jadi tidak akan menyertakan sejumlah pemain top, yang prestasinya kalah mentereng secara umum. Sebut saja Kylian Mbappe yang gagal membawa PSG juara Ligue 1 atau Liga Champions. Juga Cristiano Ronaldo yang tidak kuasa menginspirasi Juventus di Serie A atau kancah Eropa. Bahkan Robert Lewandowski yang kinclong dengan Bayern Munich di Jerman pun melakoni Piala Eropa yang mengecewakan.

Di sisi lain, masih ada pemain-pemain lain yang sudah punya prestasi. Sebut saja N'Golo Kante dan Mason Mount berkat kontribusinya membawa Chelsea juara Liga Champions. Atau bahkan duet bek veteran Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci, yang punya peran besar dalam membawa Italia juara Euro 2020. Tapi pesaing terberat mungkin datang dari Jorginho.

Paling tidak ada dua pencapaian utama yang bikin Jorginho bakal jadi rival kuat Lionel Messi dalam perebutan Ballon d'Or tahun ini, yakni trofi Liga Champions bersama Chelsea dan piala Euro 2020 dengan Italia. Gelandang Italia kelahiran Brasil 29 tahun lalu itu konsisten tampil prima buat keberhasilan klub dan timnasnya.

(krs/mrp)