Roberto Mancini Dinilai Jadi Standar Baru Pelatih Timnas Italia

Lucas Aditya - Sepakbola
Rabu, 14 Jul 2021 12:37 WIB
LONDON, ENGLAND - JULY 11: Roberto Mancini, Head Coach of Italy celebrates with The Henri Delaunay Trophy following his teams victory in the UEFA Euro 2020 Championship Final between Italy and England at Wembley Stadium on July 11, 2021 in London, England. (Photo by Claudio Villa/Getty Images)
Roberto Mancini dinilai menjadi standar baru pelatih Timnas Italia. (Foto: Getty Images/Claudio Villa)
Jakarta -

Timnas Italia meraih sukses besar bersama Roberto Mancini. Pelatih 56 tahun itu dinilai menjadi standar baru pelatih Gli Azzurri.

Di Euro 2020, Italia menjadi juaranya. Si Biru memenangi final di Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB, menang adu penalti 3-2 atas Inggris. Laga lanjut ke babak adu kiper setelah dalam 120 menit, Italia vs Inggris selesai 1-1.

Italia menjadi juara Euro 2020 dengan memenangi 7 laga sejak fase grup. Tak cuma itu, gelar juara ini menjadi obat kegagalan setelah gagal ke Piala Dunia 2018.

Mancini ditunjuk menggantikan Luigi Di Biagio, yang menjadi caretaker, pada 14 Mei 2018. Sejak bertugas, Mancini tercatat sudah membukukan sebanyak 39 pertandingan dengan catatan 28 kali menang, 9 kali imbang, dan 2 kali menelan kekalahan.

Eks pelatih Timnas Italia, Arrigo Sacchi, mengucapkan terima kasih pada Mancini. Eks pelatih Inter Milan, Manchester City, dan Zenit St Pertersburg itu dinilai sudah membawa Italia memperagakan gaya permainan yang atraktif.

"Terima kasih kepada Mancini, yang sudah memberi Nazionale gaya sepakbola menyerang di momen sulit di olahraga kami. Saya berharap mahakarya Italia ini bisa memberi antusiasme dan menjadi contoh untuk pelatih Italia agar bisa memperbarui dan mengembangkan ide-ide mereka," kata Sacchi di Footbal Italia.

"Kemampuan mereka untuk menjadi protagonis di lapangan, kolaborasi mereka dan ide sepakbola yang membimbing dan menerangi mereka menambah keberanian mereka, pengertian, dan kepribadian," kata dia menambahkan.

(cas/krs)