Cassano: Italia Juara Euro 2020 Tanpa Penyerang

Putra Rusdi K - Sepakbola
Rabu, 14 Jul 2021 17:25 WIB
Italys forward Ciro Immobile poses with the European Championship trophy after Italy won the UEFA EURO 2020 final football match between Italy and England at the Wembley Stadium in London on July 11, 2021. (Photo by FACUNDO ARRIZABALAGA / POOL / AFP)
Antonio Cassano mengkritik minimnya kontribusi Ciro Immobile dan Andrea Belotti dalam kesuksesan Italia meraih Piala Eropa 2020 (Foto: AFP/FACUNDO ARRIZABALAGA)
Roma -

Antonio Cassano mengkritik minimnya kontribusi dua penyerang tengah Italia, Ciro Immobile dan Andrea Belotti. Ia menyebut Gli Azzurri juara tanpa penyerang.

Italia berhasil meraih gelar Piala Eropa 2020. Gli Azzurri menumbangkan Inggris 3-2 lewat adu penalti di final yang dihelat di Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB.

Laga harus ditentukan di babak adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1 hingga perpanjangan waktu tuntas. Inggris unggul lebih dulu lewat Luke Shaw pada menit-2. Italia kemudian mampu menyamakan kedudukan dari Leonardo Bonucci di menit ke-67.

Ini merupakan gelar Piala Eropa pertama bagi Italia sejak 1968. Mereka mengakhiri penantian selama 53 tahun yang diwarnai dua kali kekalahan di laga final.

Sebelumnya, Italia gagal menjadi juara usai tumbang di final pada Piala Eropa 2000 dan 2012. Mereka kalah di final dari Prancis 1-2 di Euro 2000 dan tumbang 0-4 dari Spanyol di Euro 2012.

Meski mampu membawa Italia juara, penggawa La Nazionale tetap tak luput dari kritik. Mantan penyerang Italia, Antonio Cassano, menyoroti minimnya kontribusi penyerang tengah Italia.

Ia menilai Italia bermain seperti tanpa penyerang. Immobile yang menjadi pilihan utama di lini depan hanya mengemas dua gol di Piala Eropa 2020. Sementara, Belotti yang merupakan pelapis Immobile tak mampu menggetarkan jala lawan.

Sebagai pilihan utama, Immobile jelas lebih banyak mendapat sorotan. Apalagi, ia kerap membuang peluang. Dikutip dari situs resmi UEFA, Immobile membuat 18 percobaan tembakan tapi hanya tiga yang mengarah ke gawang lawan.

"Kami memiliki masalah besar, yaitu kami menjadi juara Eropa meskipun tidak memiliki striker," kata Cassano kepada teman lamanya Christian Vieri di Bobo TV dikutip dari Football Italia.

"Itu pernyataan fakta. Ini unik, tetapi pelatih pantas mendapatkan semua pujian karena mengatakan dari konferensi pers pertama bahwa dia akan pergi ke Euro untuk memenangkannya," jelasnya.

Mejannya Immobile untungnya mampu ditutupi oleh para pemain Italia lainnya. Pasukan Roberto Mancini total mampu mengemas 13 gol di Piala Eropa 2020. Ini menjadi rekor jumlah gol Italia di turnamen besar.

(pur/krs)