Cedera Spinazzola Tambah Motivasi Italia untuk Juara Euro 2020

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Jumat, 16 Jul 2021 08:30 WIB
LONDON, ENGLAND - JULY 11: Leonardo Spinazzola of Italy celebrates their sides victory after the UEFA Euro 2020 Championship Final between Italy and England at Wembley Stadium on July 11, 2021 in London, England. (Photo by John Sibley - Pool/Getty Images)
Cedera Leonardo Spinazzola menambah motivasi Italia untuk juara Euro 2020 (Foto: Getty Images/John Sibley - Pool)
Jakarta -

Leonardo Spinazzola cedera parah di tengah perjalanan Italia di Euro 2020. Apa yang dialami Spinazzola itu membuat Italia makin semangat mengejar trofi.

Spinazzola mengalami cedera dalam pertandingan melawan Belgia di babak perempatfinal Piala Eropa 2020. Bek milik AS Roma itu terlihat sampai menangis saat ditandu keluar lapangan.

Spinazzola kemudian diketahui mengalami cedera pada tendon achilles di kaki kirinya. Cedera tersebut memaksa bek berusia 28 tahun itu untuk menjalani operasi.

Cederanya Spinazzola jadi kerugian buat Italia. Dia mencuri perhatian selama Euro 2020 dan dua kali dinobatkan sebagai pemain terbaik yakni di laga melawan Turki dan Austria.

Pada akhirnya, Italia keluar sebagai juara Euro 2020. Gli Azzurri mengalahkan Inggris di babak final di Stadion Wembley lewat adu penalti usai bermain imbang 1-1 sampai extra time.

Pelatih Italia Roberto Mancini mengakui cedera Leonardo Spinazzola jadi momen sulit untuk timnya. Namun, insiden tersebut disebut Mancini juga menambah motivasi Italia untuk mengejar gelar juara.

"Spina adalah full-back terbaik di Euro, dia pemain penting berkat kekuatan, kecepatan, tekniknya, dan dia tidak pantas mendapat cedera serius ini di laga sepenting itu," ujar Mancini seperti dilansir Football Italia.

"Itu adalah momen sulit untuk kami semua dan kami jadi punya dorongan tambahan yang membuat kami ingin menjuarai Euro ini, melakukan ini untuknya, karena saat ini dia tidak bisa melakukan lebih untuk tim."

Leonardo Spinazzola total tampil empat kali selama Euro 2020. Dia kemudian jadi salah satu pemain yang masuk ke dalam starting XI terbaik Euro 2020 di akhir turnamen.

(nds/ran)