Brasil Merindukan Jorginho

Putra Rusdi K - Sepakbola
Selasa, 27 Jul 2021 08:30 WIB
LONDON, ENGLAND - JULY 11: Jorginho of Italy celebrates with The Henri Delaunay Trophy following his teams victory in the UEFA Euro 2020 Championship Final between Italy and England at Wembley Stadium on July 11, 2021 in London, England. (Photo by Claudio Villa/Getty Images)
Roberto Carlos menilai Brasil sangat merindukan Jorginho (Foto: Getty Images/Claudio Villa)
Brasilia -

Legenda Brasil, Roberto Carlos, mengungkap bahwa Brasil jelas sangat menginginkan sosok Jorginho di lini tengah. Namun sayang, ia lebih memilih Italia.

Jorginho menorehkan catatan yang luar biasa di musim lalu. Usai mengantarkan Chelsea meraih Liga Champions, ia turut memegang peranan penting dalam keberhasilan Italia menjuarai Piala Eropa 2020.

Perannya nyaris tak tergantikan di lini tengah Gli Azzurri hingga laga final saat Italia menang 3-2 lewat adu penalti atas Inggris. Ia tampil dalam tujuh laga Italia di Euro 2020 dengan enam di antaranya selalu tampil penuh hingga laga usai.

Vitalnya peran Jorginho untuk Italia di Euro 2020 tercatat dari statistik yang dibukukan sepanjang ajang tersebut. Pria 29 tahun ini menjadi pemain yang melepas umpan akurat terbanyak kedua di Piala Eropa dengan 497 umpan akurat hanya kalah dari bek Spanyol, Aymeric Laporte (658 umpan akurat).

Jorginho juga menjadi pemain yang paling sering memotong operan lawan dengan 25 kali melakukannya di ajang ini. Tak heran jika ia kemudian masuk dalam Team of the Tournament Euro 2020.

Jorginho bisa dibilang adalah berkah yang tak terduga untuk Italia. Ini karena ia lahir di Brasil dan bukan asli kelahiran Italia.

Jorginho yang berasal dari Imbituba, Brasil, hijrah ke Italia saat usianya 15 tahun untuk bergabung dengan akademi Hellas Verona. Ia kemudian mampu menembus skuad senior Verona lalu melanjutkan karier ke Napoli hingga kini berseragam Chelsea.

Ia mendapat paspor Italia setelah menetap lama di Negeri Pizza. Jorginho mencatatkan debut berseragam La Nazionale pada 2016 di laga persahabatan menghadapi Spanyol.

Berkah untuk Italia ini menjadi kekecewaan untuk Brasil. Mereka harus rela kehilangan Jorginho, salah satu talenta terbaiknya.

Hal tersebut diungkapkan oleh legenda Brasil, Roberto Carlos. Carlos menyebut Jorginho adalah gelandang yang sangat lengkap.

"Setiap tim top akan menginginkan Jorginho, termasuk Brasil. Dia memiliki teknik, visi, dan ketenangan sedingin es. Dia selalu tahu hal terbaik untuk dilakukan," ujar Roberto Carlos dikutip dari Football Italia.

"Ditambah lagi dia juga fantastis dalam merebut bola, posisinya luar biasa dalam hal itu. Jorginho sangat penting untuk Italia, dan untuk Chelsea," ungkapnya.

(pur/bay)