Klopp: Messi ke PSG Bukan Transfer Komersial, Ronaldo...

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Sabtu, 28 Agu 2021 07:30 WIB
Barcelonas Lionel Messi, left, shakes has with Juventus Cristiano Ronaldo prior of the start of the Champions League group G soccer match between FC Barcelona and Juventus at the Camp Nou stadium in Barcelona, Spain, Tuesday, Dec. 8, 2020. (AP Photo/Joan Monfort)
Manajer Liverpool Juergen Klopp meyakini, keputusan mendatangkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo bukan karena alasan komersial semata. Foto: (AP/Joan Monfort)
Liverpool -

Dua megabintang Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sama-sama pindah klub. Manajer Liverpool Juergen Klopp yakin, transfer mereka bukan demi komersial semata.

Messi lebih dulu menggegerkan jagat sepakbola setelah angkat kaki dari Barcelona, klub yang sudah menaunginya selama dua dekade. Superstar sepakbola Argentina itu terpaksa pergi karena Barca terlilit masalah keuangan sebelum akhirnya mendarat di Paris St. Germain.

Meski usianya sudah mencapai 34 tahun, Messi masih begitu digdaya usai mengemas 38 gol plus 14 assist untuk Barcelona di sepanjang 2020/2021. Kedatangan pemain terbaik dunia enam kali itu pun disambut sangat meriah oleh publik Paris.

Beberapa pekan setelahnya, giliran sang rival Ronaldo yang membuat heboh. Superstar Portugal tersebut meninggalkan Juventus setelah tiga musim dan kembali ke Manchester United usai sempat santer dikabarkan merapat ke Manchester City.

Pemenang lima Ballon d'Or itu diyakini telah menyepakati kontrak berdurasi dua tahun dan akan menjalani tes medis di Lisbon sebelum mendarat di Old Trafford.

Bagi PSG dan Man United kehadiran pemain dengan status Messi dan Ronaldo sudah jelas mendatangkan keuntungan sangat besar dari sisi komersial. Akan tetapi, Klopp mengatakan keputusan mendatangkan mereka karena keduanya masih bisa memberi banyak kontribusi.

"Saya pikir khususnya dengan Messi dan Ronaldo, mungkin memang ada aspek komersial dari transfer-transfer itu. Namun, saya kira PSG tidak mendatangkan Messi untuk alasan komersial. Mungkin, iya tapi saya tidak tahu," sahut Klopp di ESPN.

"Mereka mendatangkan dia karena Messi masih bisa banyak berkontribusi untuk klub mereka. Jika Ronaldo datang ke Premier League, itu akan menjadi niatan utamanya."

"Belum pernah ada sih yang mendatangi saya untuk membuat perekrutan komersial, apapun artinya. Tidak ada yang meminta saya untuk melakukan hal itu dan jika kalau itu datang, saya mungkin akan mulai memikirkannya. Namun, sejauh ini tidak pernah terjadi sih," ungkap Klopp mengomentari transfer Messi dan Ronaldo.



Simak Video "Gaji Ronaldo di MU Vs Messi di PSG"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/adp)