Inggris Vs Andorra: Lingard Cetak Brace, Tiga Singa Menang 4-0

Putra Rusdi K - Sepakbola
Senin, 06 Sep 2021 00:58 WIB
London -

Inggris mampu menang meyakinkan 4-0 saat menjamu Andorra di Wembley pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Jesse Lingard mencetak brace di laga ini.

Inggris vs Andorra tersaji di Wembley pada laga Grup I Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa, Senin (5/9/2021) malam WIB. Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, membangkucadangkan sebagai besar pemain intinya di laga ini.

Meski demikian, Inggris tetap dominan. Andorra secara kualitas pemain memang masih di bawah Tim Tiga Singa.

Inggris mencatatkan penguasaan bola sebesar 83 persen, dibanding Andorra yang hanya 17 persen.

Inggris berhasil mencetak empat gol dari dominasi mereka sepanjang 90 menit. Empat gol tuan rumah lahir dari dua gol Jesse Lingard pada menit 18 dan 78, penalti Harry Kane pada menit ke-72, serta torehan Bukayo Saka pada menit ke-85.

Kemenangan ini membuat Inggris kukuh di puncak klasemen Grup I dengan poin sempurna 15 dari lima laga. Sementara, Andorra di posisi kelima dengan baru menumpulkan tiga poin.

Jalannya Pertandingan

Inggris tampil menekan sejak awal laga. Ancaman berbahaya mereka hadirkan di menit ke-14.

Jude Bellingham yang menusuk dari sisi kanan memberikan umpan tarik terukur ke Bukayo Saka yang berdiri di depan gawang. Sepakan Saka, tapi masih melebar.

Dua menit berselang, Inggris bisa membuka keunggulan. Berawal dari pergerakan Saka di sisi kiri. Umpan silangnya yang dihalau Marc Vales mengarah ke Jesse Lingard di kotak penalti.

Gol!! Lingard melepas sepakan mendatar yang bersarang ke pojok kiri gawang Andorra. Inggris unggul 1-0.

Pada menit ke-21, Lingard sempat kembali membobol gawang Andorra usai menuntaskan umpan terobosan Patrick Bamford. Namun, gol ini kemudian harus dianulir karena Lingar lebih dulu offside.

Pada menit ke-36, Inggris punya peluang untuk menggandakan keunggulan. Bellingham yang berada di sisi kiri kotak penalti bisa mengecoh Jesus Rubio. Punya ruang cukup baik untuk melepas tembakan, sepakan pemain Borussia Dortmund ini justru melebas.

Skor 1-0 untuk Inggris menutup babak pertama.

Selepas jeda, situasi tak banyak berubah. Inggris tetap mengurung lini pertahanan Andorra.

Meski demikian, Inggris melahirkan gol tambahan. Dalam kondisi ini, Southgate memasukkan Mason Mount, Jack Grealish, dan Harry Kane untuk menambah daya serang.

Keputusan Southgate jitu. Kolaborasi Grealish dan Mount menghasilkan hadiah penalti pada menit ke-72. Mount dilanggar Christian Garcia di kotak penalti.

Gol!! Kane yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik. Tembakannya ke pojok kanan gawang tak kuasa dibendung Josep Gomez. Inggris unggul 2-0.

Inggris menjauh di menit ke-78. Lingard mencetak gol keduanya di laga ini.

Gol!! Lingard melepas sepakan terukur dari depan kotak penalti. Bola meluncur ke pojok kiri gawang Andorra. Skor berubah 3-0 untuk Inggris.

Gelontoran gol Inggris berlanjut di menit ke-85. Gol ini lahir dari skema sepak pojok cepat Trent Alexander-Arnold yang diberikan ke Lingard.

Gol!! Umpan silang Lingard mampu ditanduk Saka yang berdiri di tiang jauh. Sundulan Saka memperdayai Gomez.

Skor 4-0 untuk Inggris bertahan hingga laga berakhir.

Susunan Pemain

Inggris: Sam Johnstone; Reece James (Jack Grealish 62'), Conor Coady, Tyrone Mings, Kieran Trippier; Jude Bellingham (Mason Mount 62'), Jordan Henderson, Trent Alexander-Arnold; Jesse Lingard, Patrick Bamford (Harry Kane 62'), Bukayo Saka.

Andorra: Josep Gomes; Max Llovera, Marc Vales, Christian Garcia; Jesus Rubio, Jordi Rubio (Marc Garcia 74'), Marc Rebes, Ludovic Clemente (Alex Martinez 75'), Moises San Nicolas (Joan Cervos 86'); Marcio Vieira (Ildefons Lima 86'), Aaron Sanchez Alburquerque (Ricard Fernandez 66').

(pur/bay)