FIFA Didesak Sanksi Klub Inggris yang Tak Lepas Pemain ke Timnas

Putra Rusdi K - Sepakbola
Kamis, 09 Sep 2021 12:00 WIB
ZURICH, SWITZERLAND - FEBRUARY 25: A FIFA logo seen near the headquarter Home of FIFA ahead of tomorrows Extraordinary FIFA Congress to elect a new FIFA President at Hallenstadion on February 25, 2016 in Zurich, Switzerland.  (Photo by Matthias Hangst/Getty Images)
FIFA didesak untuk memberi sanksi klub Liga Inggris yang tolak lepas pemain ke timnas (Foto: Getty Images/Matthias Hangst)
Brasil -

Federasi Sepakbola Brasil (CBF) mendesak FIFA menghukum klub Liga Inggris yang tak melepas pemain ke timnas. Brasil terdampak cukup besar akibat kebijakan itu.

Tim-tim Liga Inggris membuat kebijakan untuk tak melepas pemainnya membela timnas negara yang masuk daftar merah pemerintah Inggris terkait kasus COVID-19. Hal tersebut membuat beberapa pemain harus melewatkan jeda internasional pekan ini.

Klub mengambil langkah ini untuk menghindari pemain harus menjalani karantina selama 10 hari jika kembali ke Inggris usai membela negara mereka. Karantina bakal membuat para pemain bisa absen tampil bersama klub dalam dua laga.

Negara-negara di Amerika Selatan menjadi yang paling dirugikan atas kebijakan klub Liga Inggris ini. Pasalnya, semua negara di wilayah ini masuk daftar merah pemerintah Inggris.

Brasil merasakan betul hal tersebut dengan pilar-pilar mereka tak bisa berlaga di Kualifikasi Piala Dunia zona CONMEBOL pekan ini. Allison Becker, Fabinho, Roberto Firmino (Liverpool), Ederson, Gabriel Jesus (Manchester City), Thiago Silva (Chelsea), Fred (Manchester United), Richarlison (Everton) dan Raphinha (Leeds United) tak dilepas klub mereka masing-masing untuk membela Selecao.

Federasi Sepakbola Brasil (CBF) kini mendesak FIFA untuk memberi sanksi kepada klub Liga Inggris atas tindakan mereka tak melepas pemain membela timnas. CBF jelas tak ingin kejadian serupa terulang di masa mendatang.

CBF ingin FIFA menghukum klub untuk tak diizinkan memainkan pemain yang tak dilepas ke timnas selama lima hari usai jeda internasional berakhir. Hukuman ini sebenarnya sesuai dengan aturan yang diberlakukan FIFA.

Namun, FIFA sebelumnya juga sudah mengatakan untuk memberi kelonggaran kepada klub untuk boleh tak melepas pemain ke timnas dalam agenda pertandingan FIFA terkait pandemi COVID-19. FIFA hingga kini belum mengeluarkan keputusan terkait tuntutan CBF ini.

"Kami hanya meminta FIFA untuk mematuhi aturan saat pemain tak datang (terkait komitmen di pertandingan internasional)," ujar juru bicara CBF dikutip dari Reuters.

Jika FIFA mengabulkan tuntutan CBF ini klub-klub besar Liga Inggris macam Liverpool, Chelsea, MU, dan Man City bakal kehilangan pilar mereka asal Brasil di laga Liga Inggris pekan ini.



Simak Video "6 Stadion Pilihan FIFA untuk Piala Dunia U-20 di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/aff)