Sesal Italia Gagal Lolos Langsung ke Qatar

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Selasa, 16 Nov 2021 06:13 WIB
Dublin -

Italia mesti berlaga di playoff untuk kelolosan ke Piala Dunia 2022. Roberto Mancini menyesalkan kegagalan Italia melewatkan kesempatan juara grup lebih awal.

Italia diredam Irlandia Utara 0-0 saat bertandang ke Windsor Park, Selasa (16/11/2021) dinihari WIB. Gli Azzurri tak mampu menembus pertahanan tim tuan rumah meski mempunyai keunggulan ball possession 71:29 dan menciptakan 12 percobaan (6 on target).

Hasil seri itu membuat Italia menyudahi Kualifikasi Piala Dunia 2022 sebagai runner-up Grup C. Italia finis dengan 16 poin, terpaut dua poin dari Swiss yang memenangi grup sekaligus lolos langsung ke putaran final.

Dengan demikian, Italia akan bertarung dengan sejumlah tim lain di babak playoff yang akan dilangsungkan pada Maret 2022. "Kami tidak bisa apa-apa sekarang, kami memiliki pertandingan ini pada bulan Maret dan akan berusaha memberikan yang terbaik," ucap pelatih Italia Roberto Mancini kepada RAI Sport.

"Saat ini kami sedang kesulitan mencetak gol meskipun mendominasi penguasaan bola dan serangan. Irlandia Utara menempatkan semua pemainnya untuk bertahan dan kami kesulitan menembus tim-tim seperti itu."

"Ini sungguh disayangkan, karena kami seharusnya menjuarai grup ini jauh-jauh hari sebelum menjadi seperti sekarang. Kami cuma harus menemukan kembali karakter kami sampai hari ini. Kami melewatkan dua penalti di laga-laga penting, jadi hal itu menunjukkan kami sesungguhnya punya peluang untuk memenangi grup."

Italia membuang peluang lolos lebih awal setelah memetik dua hasil imbang melawan Swiss, di mana Jorginho gagal mengonversi masing-masing hadiah penalti menjadi gol.

"Pertandingan melawan Bulgaria di awal September hanya setelah dua laga di Serie A, jadi laga-laga itu selalu yang terberat karena kami lesu. Kami toh seharusnya masih punya peluang untuk memenangi dua pertandingan melawan Swiss," sambung dia.

"Sekarang kami bersiap untuk bulan Maret dan kami menatap playoff dengan percaya diri. Kami akan merebut tempat kami di Piala Dunia di bulan Maret dan mudah-mudahan memenangi turnamennya juga," cetus Mancini usai Italia diimbangi Irlandia Utara.

(rin/pur)