Lolos ke Piala Asia, Timnas Indonesia Wanita Akan Jalani TC Panjang

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 28 Sep 2021 18:25 WIB
Timnas Wanita Indonesia lolos ke Piala Asia 2022
Lolos ke Piala Asia, Timnas Indonesia Wanita Akan Jalani TC Panjang (dok PSSI)
Jakarta -

Timnas Indonesia Wanita bakal menjalani Pemusatan Latihan (TC) panjang setelah lolos ke Piala Asia Wanita 2022. Hal itu dilakukan demi tampil baik tahun depan.

Garuda Pertiwi memastikan melangkah ke babak utama Piala Asia setelah menang dua kali melawan Singapura. Zahra Muzdalifah Cs masing-masing mencatat kemenangan 1-0 pada leg pertama dan leg kedua.

Kemenangan pertama diraih berkat gol yang dicetak oleh Baiq Amiatun, Jumat (24/9/2021). Sementara pada leg kedua kemenangan Indonesia dipastikan lewat gol Ocktavianti Dwi Nurmalita, Senin (27/9). Kedua leg digelar di Stadion Pamir, Dushanbe, Tajikistan.

Dua kemenangan itu membawa Indonesia menjadi juara Grup C dengan torehan 6 poin. Seharusnya Indonesia juga bertanding melawan Irak dan Korea Utara. Namun kedua negara itu mengundurkan diri.

"Alhamdulillah, terima kasih masyarakat Indonesia yang sudah mendoakan timnas kita yang sudah 33 tahun absen dan baru kali ini lolos lagi ke putaran final piala Asia," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Kantor Kementerian Keuangan, di Jakarta, Selasa (28/9/2021).

"Saya minta ke Kemenpora untuk TC panjang karena liga wanita belum ada. Sehingga insya Allah pemerintah sudah memberikan lampu hijau (TC panjang). Dan kami juga akan mengambil pemain wanita yang ada di PON Papua," ujarnya menjelaskan.

Ini adalah kali pertama Timnas Indonesia Wanita lolos ke Piala Asia setelah absen lama. Piala Asia 1989 di Hong Kong adalah kali terakhir Indonesia menjadi peserta.

Sementara itu, Indonesia juga sudah pernah ikut pada edisi 1986 yang menjadi keikutsertaan pertamanya. Pada 1986 Indonesia menempati empat besar sementara pada 1989 gagal lolos dari fase grup.

Adapun Piala Asia Wanita 2022 akan digelar di India pada 20 Januari hingga 6 Februari. Total akan ada 12 peserta yang akan tampil dan dibagi ke tiga grup (A-C).

"Belum tahu akan TC dimana, situasi kan juga sedang sulit nih keuangan karena COVID-19. Kami akan diskusi dengan Dirtek (Indra Sjafri) soal akan berangkat ke mana, Insyaallah ke luar negeri," tutur Iriawan.

(aff/cas)