Messi Rebut Ballon d'Or 2021, Xavi: Keadilan Sepakbola!

Randy Prasatya - Sepakbola
Sabtu, 04 Des 2021 08:01 WIB
PSG player Lionel Messi receives the 2021 Ballon dOr trophy from his former Barcelona teammate Luis Suarez during the 65th Ballon dOr ceremony at Theatre du Chatelet, in Paris, Monday, Nov. 29, 2021. (AP Photo/Christophe Ena)
Lionel Messi meraih penghargaan Ballon d'Or 2021. (Foto: AP/Christophe Ena)
Barcelona -

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, menilai penghargaan Ballon d'Or 2021 yang jatuh ke tangan Lionel Messi adalah keadilan dalam sepakbola.

Tak sedikit pelaku sepakbola yang kecewa saat Lionel Messi memenangkan penghargaan Ballon d'Or. La Pulga dianggap tidak terlalu sip selama setahun terakhir meski mampu menginspirasi Timnas Argentina juara Copa America dan meraih Copa del Rey 202/2021 dengan Barcelona.

Penampilan Messi kemudian tidak bersinar bersama Pris Saint-Germain (PSG). Dia baru mencetak satu gol di Ligue 1 dan tiga lainnya di Liga Champions.

"Kemenangan Messi adalah keadilan sepakbola. Kami juga dapat berpikir bahwa orang lain mungkin pantas mendapatkannya, tetapi saat mereka membuka amplop dan mereka mengatakan Messi memenangkannya, maka itu adil," kata Xavi seperti dikutip dari Marca.

Messi memperoleh Ballon d'Or ketujuh kalinya dalam pengumuman pada Selasa (30/11/2021) dinihari WIB. Messi mengungguli rival terdekatnya Robert Lewandowski dan Jorginho, yang finis di posisi kedua dan ketiga dalam pemungutan suara.

Eks pesepakbola asal Prancis, Jean-Pierre Papin, sudah memberi kritik terkait pengharaan Ballon d'Or yang diberikan ke Messi. Papin, yang meraih penghargaan tersebut pada 1991, mengklaim pamor Ballon d'Or akan berkurang jika Messi menang lagi karena menit bermain yang lebih sedikit ketimbang rival-rivalnya.

"Dia bahkan tidak bermain selama lima bulan! Saya melihat kita membicarakan tentang dia dan saya tidak mengerti," kata Papin kepada Le Parisien sebelum Messi didapuk sebagai pemenang.

"Sejak memenangi Copa America, apa yang sudah Messi lakukan di Paris? Dia cuma mencetak satu gol di liga, tiga di Liga Champions."

"Saya bukannya menentang Messi, dia toh salah satu pesepakbola terhebat dalam sejarah. Tapi tahun ini dia tidak pantas mendapatkannya," sambung mantan bintang AC Milan di era 90an itu.

Kekecewaan terhadap hasil Ballon d'Or 2021 juga diungkapkan oleh Toni Kroos, yang merasa Karim Benzema lebih layak mendapatkannya. Iker Casillas juga kecewa dan hilang kepercayaan terhadap event penghargaan.

"Saya merasa makin sulit percaya ke penghargaan-penghargaan sepakbola ini," Casillas menulis di akun media sosialnya seperti dilansir Marca.

"Bagi saya, Messi adalah salah satu dari lima pesepakbola terbaik sepanjang masa, tapi mereka harus mulai perhatikan siapa pemain terbaik di musim itu."

"Tidak sesulit itu kok. Yang lain yang membuatnya jadi sulit," kata Casillas.

[Gambas:Instagram]






Simak Video "#Sadseptember, Perasaan Fans Barca Ditinggal Messi dan Griezmann"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/yna)