ADVERTISEMENT

Ronaldo Resmi Jadi Pemilik Klub Bola Brasil Cruzeiro

Adhi Prasetya - Sepakbola
Senin, 20 Des 2021 18:17 WIB
MILAN, ITALY - SEPTEMBER 23:  Ronaldo Luís Nazário de Lima attends The Best FIFA Football Awards 2019 at the Teatro Alla Scala on September 23, 2019 in Milan, Italy.  (Photo by Claudio Villa/Getty Images)
Ronaldo resmi jadi pemilik klub Cruzeiro. Foto: Getty Images/Claudio Villa
Jakarta -

Legenda sepakbola Brasil, Ronaldo, resmi menjadi pemilik Cruzeiro. Ia pun bertekad membawa klub masa mudanya itu kembali ke papan atas Liga Brasil.

Dilaporkan Reuters dan Globo Esporte, Ronaldo membeli 90 persen saham Cruzeiro lewat perusahaannya, Tara Sports. Ia berinvestasi sebesar 70 juta Dolar, dan kesepakatan ini dibantu oleh bank investasi asal Brasil, XP.

Proses ini bisa berjalan sebab Kongres Brasil sudah mengesahkan undang-undang yang mengizinkan klub sepakbola, yang awalnya dimiliki suporter dan tertutup dari investor, menjadi badan usaha yang mencari keuntungan.

Diharapkan, dengan munculnya aturan tersebut, industri sepakbola Brasil bisa berjalan ke arah yang lebih baik.

"Saya bahagia bisa menuntaskan proses ini. Kami masih harus bekerja keras. Belum ada yang harus dirayakan, namun kami berambisi membawa Cruzeiro kembali meraih kejayaan," ujar Ronaldo.

Cruzeiro kini berada di Serie B Brasil, setelah terdegradasi pada 2019 lalu. Ronaldo ingin klub tempatnya meniti karier profesional itu kembali ke Serie A.

Sejak pensiun, Ronaldo memang beralih menjadi pebisnis. Cruzeiro pun bukanlah klub pertama yang ia akuisisi. Pada 2018 lalu, ia membeli 51 persen saham Real Valldolid, yang kini bermain di Divisi Segunda Liga Spanyol setelah terdegradasi dari LaLiga musim lalu.

Ronaldo, kini 45 tahun, dikenal sebagai penyerang tajam di era 1990-an dan awal 2000-an. Sejumlah klub ternama Eropa seperti PSV Eindhoven, Barcelona, Inter Milan, Real Madrid, hingga AC Milan pernah memakai jasanya.

(adp/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT