Pemain PSV Ini Pensiun Muda Karena Tak Lagi Cinta Sepakbola

Adhi Prasetya - Sepakbola
Rabu, 05 Jan 2022 09:40 WIB
Netherlands midfielder Davy Propper listens to his national anthem ahead the UEFA Nations League football match between France and Netherlands at the Stade de France stadium, in Saint-Denis, northern of Paris, on September 9, 2018. (Photo by Anne-Christine POUJOULAT / AFP)
Propper sempat tampil membela Timnas Belanda. Foto: AFP/ANNE-CHRISTINE POUJOULAT
Jakarta -

Davy Propper memutuskan gantung sepatu di usia 30 tahun. Alasannya, ia tak lagi jatuh cinta dengan sepakbola dan rutinitasnya.

Propper baru saja mudik ke Belanda musim ini untuk membela PSV Eindhoven. Sebelumnya, ia 4 tahun membela Brighton & Hove Albion di Liga Inggris, di mana ia bermain 121 kali.

Kepulangannya ke kampung halaman diharapkan bisa menambah motivasinya untuk terus bermain sepakbola. Namun alih-alih menemukan motivasi, ia justru semakin kehilangan hasrat mengolah si kulit bundar.

Pada Selasa (4/1/2022), Propper pun akhirnya mengumumkan kepada publik bahwa ia pensiun dari sepakbola. Liga Belanda sendiri saat ini masih berada di periode libur Natal dan tahun baru.

"Saya sudah membuat keputusan akhir untuk menyudahi karier saya sebelum Natal dan saya merasa lega. Itu sebabnya saya tahu telah membuat keputusan yang tepat," ujar Propper, dikutip The Guardian.

"Sewaktu saya tinggal di luar negeri, perlahan saya kehilangan rasa cinta terhadap olahraga ini. Sulit bagi saya melihat kedisiplinan yang diperlukan untuk bisa tampil sebaik mungkin, dan melihat hidup saya diatur oleh jadwal sepakbola yang begitu padat."

HERNING, DENMARK - AUGUST 10: Junior Brumado (L) of FC Midtjylland challenges Davy Pröpper of PSV Eindhoven during the UEFA Champions League third qualifying round second leg between FC Midtjylland and PSV Eindhoven at  on August 10, 2021 in Herning, Denmark. (Photo by Martin Rose/Getty Images)Propper (merah) saat membela PSV musim ini. Foto: Getty Images/Martin Rose

"Pandemi COVID-19 dan kurangnya kunjungan dari keluarga dan teman-teman juga tak banyak membantu saya."

"Saya bersyukur PSV telah menyambut saya. Saya sempat berharap bisa menemukan kembali kesenangan dari bermain sepakbola di sini, tapi ternyata tidak begitu, karena saya sudah tak nyaman berada di dunia sepakbola. Saya sudah tak ingin ambil bagian di dalamnya lagi," jelas Propper.

Propper awalnya dikontrak PSV selama dua musim, namun kini sudah diputus lewat kesepakatan bersama. Ia sekarang mengambil rehat sejenak sambil memikirkan langkah selanjutnya. Satu hal yang pasti, ia ingin lebih dekat dengan keluarganya.

Propper memulai karier profesionalnya bersama klub kota kelahirannya, yakni Vitesse Arnhem pada 2008-2015. Setelah itu, ia bergabung dengan PSV selama dua musim. Ia sempat merasakan gelar Liga Belanda pada 2016.

Pada 2017, ia hijrah ke Inggris untuk membela Brighton, kemudian pulang ke PSV empat tahun kemudian dan gantung sepatu di sana. Di level internasional, ia pernah 19 kali tampil membela Timnas Belanda, mencetak tiga gol.

Musim ini, ia sudah 16 kali bermain untuk PSV dan mencetak satu gol, namun terakhir kali bermain pada 25 November lalu saat melawan Sturm Graz di Liga Europa. Itulah laga terakhirnya di sepakbola profesional.

(adp/raw)