Brasil: Tak Ada Neymar, Coutinho pun Jadi

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 27 Jan 2022 15:00 WIB
SAO PAULO, BRAZIL - NOVEMBER 10: Philippe Coutinho of Brazil looks on during a training session ahead of FIFA Qatar 2022 Qualifiers match against Colombia on November 10, 2021 in Sao Paulo, Brazil. (Photo by Alexandre Schneider/Getty Images)
Philippe Coutinho comeback ke Timnas Brasil (Getty Images/Alexandre Schneider)
Rio de Janeiro -

Brasil tanpa Neymar pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 akhir bulan ini. Namun, Selecao tak khawatir karena Philippe Coutinho sudah kembali beraksi.

Brasil akan menghadapi Ekuador (27 Februari) dan Paraguay (1 Februari) yang merupakan pertandingan tunda sedari tahun lalu. Meski sudah memastikan lolos ke putaran final, Brasil diperkirakan masih akan tampil serius.

Sebab, mereka mau mengunci posisi juara grup dari kejaran Argentina. Saat ini Brasil punya 35 poin dari 13 laga, unggul enam angka dari Argentina di posisi kedua.

Sayangnya di dua laga itu, Brasil takkan diperkuat bintangnya Neymar yang masih dalam tahap pemulihan cedera ligamen engkel kirinya. Neymar bahkan baru bisa berlari kemarin di pusat latihan Paris Saint-Germain.

Dengan torehan tujuh golnya di kualifikasi, Neymar jelas jadi andalan Brasil untuk membobol gawang lawan. Dia cuma kalah tajam dari penyerang Bolivia Marcelo Moreno yang punya sembilan gol.

Pelatih Brasil Tite malah tak khawatir dengan absennya Neymar, karena mereka sudah bisa memainkan Coutinho. Pemain 30 tahun itu sudah absen dari Brasil sejak Oktober 2020, karena cedera dan performa buruk bersama Barcelona.

Kini Coutinho tengah meniti kariernya lagi bersama Aston Villa dan sudah bikin satu gol serta satu assist. Performa ini diharapkan bisa ditularkan Coutinho bersama Tim Kenari Kuning sepekan ke depan.

"Orang-orang selalu menginginkan Neymar, tapi kadang kenyataan tidak sesuai keinginan kita. Kami menyesal Neymar tidak bisa ada di sini, tapi kami punya opsi lain. Saya bicara soal Coutinho, dia adalah pemain yang bisa bermain di posisi itu dan saya percaya dengan kemampuannya," ujar Tite di ESPN.

"Dari sudut pandang humanis dan juga sosial, saya tahu dia sudah menghabiskan banyak waktu dan juga tantangan untuk pulih dari cederanya," sambungnya.

Philippe Coutinho punya 18 gol dari 63 caps bersama Timnas Brasil. Tanpa Neymar, dia adala pemain tertajam di tim saat ini bareng Gabriel Jesus yang punya 18 gol.

(mrp/krs)