Pesepakbola 21 Tahun Meninggal Dunia Usai Pingsan di Lapangan

Kris Fathoni W - Sepakbola
Jumat, 04 Feb 2022 16:19 WIB
Alexandros Lampis
Alexandros Lampis. (Foto: Dok. Instagram @ilioupolifc)
Jakarta -

Ada kabar duka dari lapangan sepakbola. Seorang pesepakbola 21 tahun pingsan di lapangan sebelum akhirnya meninggal dunia.

Alexandros Lampis demikian nama pesepakbola tersebut. Ia menghembuskan nafas terakhirnya saat membela klubnya, Ilioupuli, lawan Ermionida di kompetisi sepakbola level ketiga Yunani.

Menurut laporan di Yunani, yang dikutip RT.com, Lampis tiba-tiba tidak sadarkan diri di atas lapangan permainan. Ia langsung mendapat perawatan di atas lapangan.

Dokter sudah berusaha mengembalikan kesadaran Lampis, termasuk dengan memakai stimulator detak jantung alias defibrilator. Menurut laporan, ambulans baru tiba 20 menit setelah kejadian.

Setibanya ambulans ke lapangan, Lampis langsung dibawa ke rumah sakit. Tapi nyawa Lampis tak bisa diselamatkan. Ia meninggal dunia dengan dugaan cardiac arrest atau henti jantung mendadak.

"Aleko kami, sahabat kami, saudara kami, engkau pergi sedemikian cepat," tulis pernyataan duka Ilioupoli.

"Seluruh tim, seluruh kota, hari ini berduka. Tiada kata yang bisa menggambarkan... cuma ada duka luar biasa. Selamat jalan, Alecara."

Tragedi ini merupakan kisah sedih teranyar yang melibatkan masalah jantung di dunia sepakbola. Di Euro 2020 lalu, misalnya, Christian Eriksen tiba-tiba juga pingsan lantaran mengalami cardiac arrest di tengah pertandingan.

Ketika itu nyawa Eriksen berhasil diselamatkan berkat pertolongan pertama cekatan di lapangan. Tapi kariernya sempat terhambat, walaupun pemain Denmark itu kini baru saja bergabung dengan klub Premier League Brentford.

Ada pula Sergio Aguero yang terpaksa gantung sepatu setelah mengalami masalah jantung lain, yang secara medis disebut sebagai cardiac arrhythmia, saat tengah bermain untuk Barcelona.

Pada bulan Januari lalu, James Rodriguez menjadi pahlawan di Qatar berkat gerak cepatnya untuk membantu pemain lawan yang mendapat serangan jantung di tengah laga Al-Rayyan lawan Al-Wakrah.

(krs/nds)