Viral Silas Nwankwo, Wonderkid Tulen Bermuka 'Boros' atau Curi Umur?

Kris Fathoni W - Sepakbola
Jumat, 04 Feb 2022 19:56 WIB
Silas Nwankwo
Foto: Dok. Mjallby AIF
Jakarta -

Transfer Silas Nwankwo dari klub Nigeria ke klub papan atas Swedia viral dan mencuri perhatian. Selain karena label wonderkid buatnya, Nwankwo juga dicurigai curi umur.

Tahun lalu Silas Nwankwo mencuri perhatian lewat aksinya bersama Nasarawa United. Ia mencetak 19 gol dari 35 laga untuk membantu klub Premier League Nigeria itu finis kedua di klasemen.

Dengan aksinya itu pula Nwankwo berhasil jadi top skor bersama Liga Nigeria. Bahkan ia pun masuk 'Tim Terbaik Tahun Ini' di negara asalnya tersebut.

Performa Silas Nwankwo ini sukses memikat Mjallby AIF, yang pada prosesnya merampungkan transfer pesepakbola tersebut. Klub Swedia itu pun dengan bangga mengumumkan perekrutan pemain barunya dengan kontrak 4 tahun.

"Jelas bahwa jika Anda menggunakan bahasa tinggi untuk menggambarkan pencapaiannya di usia 18 tahun, ia amat impresif. Tapi kami juga terkesan dengan kualitasnya, baik itu kemampuan yang ia miliki dengan posturnya dan juga kemampuan memaksimalkan peluang di kotak penalti," ujar Direktur Olahraga Mjallby AIF Hasse Larsson.

Nah, perkara usia itulah yang lantas memancing reaksi. Banyak yang tak percaya Silas Nwankwo berusia 18 tahun.

"Silas ini bukanlah 18 tahun, ia pasti berumur 4-5 tahun lebih tua," cuit sebuah akun Twitter.

"Jadi dia lahir tahun 2004?" timpal netizen lain yang juga tidak percaya dengan usia Nwankwo.

"Mustahil orang yang di foto itu berusia 18 tahun," kata netizen berikutnya.

Rasim Reiz, sosok yang mengaku pemerhati sepakbola Nigeria dan berbasis di Stockholm, turut mencurigai adanya pencurian umur. Ia yakin Silas Nwankwo sudah berusia 20-an tahun.

"Di Football Manager 2021, usianya 24 tahun. Sedangkan di Football Manager 2022, ia tiba-tiba 17 tahun. Tak masuk akal," sebutnya dalam sebuah cuitan.

Tak cuma berdasarkan game, Reiz juga mem-posting sejumlah temuan lain untuk memperkuat argumentasinya bahwa Silas Nwankwo yang baru saja direkrut Mjallby AIF tidak lagi berusia belasan tahun.




Menurut detikers bagaimana, apakah Nwankwo semata pemain muda dengan wajah "boros" atau kemungkinan memang curi umur?

(krs/rin)