Imbas Invasi Rusia ke Ukraina, Belarusia Juga 'Diasingkan' UEFA

ADVERTISEMENT

Imbas Invasi Rusia ke Ukraina, Belarusia Juga 'Diasingkan' UEFA

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 04 Mar 2022 01:00 WIB
Belarus national football team players BACK ROW (L/R): Anton Saroka, Ryhor Filipenka, Mikhail Sivakou, Mikalai Sihnevich, Siarhei Chernick and Alekksander Sachivko FRONT ROW (L/R): Pavel Nekhaichik, Igor Burko, Sergei Balanovich, Mikita Korzun and Aleksey Rios pose before the FIFA World Cup 2018 qualification football match between Belarus and Sweden in Minsk on September 3, 2017. (Photo by Yuri KADOBNOV / AFP)
Ilustrasi Timnas Belarusia yang juga disanksi UEFA karena invasi Rusia ke Ukraina (AFP/YURI KADOBNOV)
Nyon -

Belarusia juga kena imbas dari invasi Rusia ke Ukraina. Klub-klub dan Timnas Belarusia juga dilarang bertanding di kandang sendiri oleh UEFA. Duh!

Selama sepekan ini, dunia dihiasi berita soal Rusia yang menyerang Ukraina. Konflik berkepanjangan dari dua negara bertetangga jadi penyebab utamanya.

Rusia yang unggul segala-galanya membuat Ukraina dalam situasi mencekam, sehingga banyak warganya yang harus mengungsi. Dunia pun merespons keputusan Rusia ini dengan berani.

Segala hal yang berbau Rusia mulai dihapus, tak terkecuali di sepakbola. Banyak tim yang sudah menyudahi kerjasama sponsor dengan perusahaan-perusahaan Rusia.

Bahkan beberapa timnas juga menolak bertanding dengan Rusia di level internasional. Ini pula yang membuat FIFA dan UEFA bertindak tegas dengan menghukum Rusia, termasuk mencoretnya dari Playoff Piala Dunia 2022.

Bahkan Rusia dilarang juga menggunakan nama negaranya saat berlaga di kancah internasional. Agresi militer Rusia ini juga berimbas kepada negara tetangga sekaligus pendukung setianya, Belarusia.

UEFA memutuskan untuk mengusir Belarusia dari rumahnya, baik di level kompetisi antarklub Eropa maupun tim nasional. Itu artinya, Belarusia harus memainkan partai kandangnya di tempat netral dan tanpa dukungan penonton!

"Komite Eksekutif UEFA akan mengadakan rapat luar biasa ke depannya, secara rutin terkait kondisi yang ada. Perkembangan situasi nantinya akan berpengaruh kepada keputusan yang dibuat," ujar pernyataan resmi UEFA.

Belarusia adalah negara pro-Rusia sejak Uni Soviet pecah pada 1990. Sebagai informasi, tidak ada satupun klub Belarusia yang masih tersisa di kompetisi Eropa saat ini.

(mrp/bay)

ADVERTISEMENT