Meksiko dan Amerika Serikat Lolos ke Piala Dunia 2022

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Kamis, 31 Mar 2022 10:30 WIB
Mexicos Raul Jimenez, center, celebrates after scoring his sides second goal against El Salvador during a qualifying soccer match for the FIFA World Cup Qatar 2022 in Mexico City, Wednesday, March 30, 2022. (AP Photo/Eduardo Verdugo)
Meksiko dan Amerika Serikat lolos ke Piala Dunia 2022 (Foto: AP/Eduardo Verdugo)
Jakarta -

Meksiko lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 usai menang di laga terakhir kualifikasi zona CONCACAF. Amerika Serikat juga lolos ke Qatar meski kalah dari Kosta Rika.

Meksiko meraih kemenangan 2-0 atas El Salvador dalam pertandingan di Estadio Azteca, Kamis (31/3/2022) pagi WIB. Gol-gol Meksiko diciptakan oleh Uriel Antuna dan Raul Jimenez.

Berkat kemenangan ini, Meksiko finis di peringkat kedua klasemen zona CONCACAF dengan 28 poin dari 14 pertandingan. Mereka kalah selisih gol dari Kanada yang sudah lolos dengan jumlah poin sama.

Meksiko berarti selalu lolos ke delapan edisi terakhir Piala Dunia secara beruntun. Pada Piala Dunia 2018 lalu, mereka terhenti di babak 16 besar.

Dari pertandingan lainnya, Amerika Serikat kalah 0-2 dari Kosta Rika dalam lagadi Estadio Nacional, Kamis (31/3/2022) pagi WIB. Meski demikian, hasil itu tetap meloloskan AS ke Qatar.

Christian Pulisic dkk. finis di peringkat ketiga klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONCACAF dengan 25 poin. Mereka unggul selisih gol atas Kosta Rika yang punya jumlah poin sama.

Hasil ini menandai kembalinya AS ke Piala Dunia. Mereka tidak lolos ke Piala Dunia empat tahun lalu di Rusia.

Sementara itu, Kosta Rika yang finis di posisi keempat akan menjalani play-off melawan tim dari konfederasi lain. Kosta Rika akan melawan Selandia Baru yang merupakan pemenang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Oseania.

(nds/cas)