Rusia Cabut Banding Sanksi FIFA-UEFA

Yanu Arifin - Sepakbola
Rabu, 06 Apr 2022 15:00 WIB
A Russian flag flies outside the Consular Section of the Russian Embassy in London, Tuesday, Feb. 22, 2022. British Prime Minister Boris Johnson says the U.K. will introduce
Foto: AP/David Cliff
Lausanne -

Rusia membatalkan banding sanksi yang diberikan FIFA dan UEFA terkait kiprahnya di sepakbola. Hal itu dikonfirmasi Pengadilan Arbitrase Olahraga [CAS].

Rusia dihukum larangan bermain oleh FIFA dan UEFA, terkait perang yang mereka lancarkan ke Ukraina. Rusia dilarang berlaga di semua ajang, dari level klub hingga tim nasionalnya.

Persatuan Sepakbola Rusia [FUR] kemudian mengajukan banding kepada Pengadilan Arbitrase Olahraga atau Court of Arbitration for Sport [CAS]. Rusia mengajukan banding kepada FIFA, UEFA, dan beberapa federasi sepakbola negara tetangga yang memboikot mereka.

Pada 18 Maret, CAS kemudian menolak bandingnya. Rusia lalu dikabarkan bakal mengajukan banding lagi atas penolakan CAS, namun CAS mengonfirmasi Rusia justru mencabut semua bandingnya.

"Pada 30 Maret 2022, FUR menginformasikan ke kantor Pengadilan CAS bahwa menarik bandingnya. Prosedur ini akan segera dihentikan," kata CAS dalam pernyataannya.

Sanksi yang dijatuhkan FIFA membuat Rusia dipastikan tidak bisa berlaga di semua kompetisi. Tim nasionalnya sudah didiskualifikasi dari playoff Piala Dunia melawan Polandia, di mana Robert Lewandowski sudah memastikan lolos ke putaran final.

Sementara di level klub, tak ada klub Rusia yang berpartisipasi di pentas Eropa. Spartak Moskow sudah dicoret dari Liga Europa.

(yna/aff)