Analisis soal Lionel Messi, yang Golnya Memble di PSG Musim Ini

ADVERTISEMENT

Analisis soal Lionel Messi, yang Golnya Memble di PSG Musim Ini

Afif Farhan - Sepakbola
Jumat, 13 Mei 2022 19:00 WIB
Soccer Football - Ligue 1 - RC Strasbourg v Paris St Germain - Stade de la Meinau, Strasbourg, France - April 29, 2022 Paris St Germains Lionel Messi reacts REUTERS/Sarah Meyssonnier
Analisis Lionel Messi yang Golnya Memble di PSG (Reuters)
Paris -

Lionel Messi awali musim debut di PSG dengan kurang ciamik. Walau sukses raih titel juara Liga Prancis, jumlah gol Messi bisa dihitung jari.

Lionel Messi baru bikin empat gol dari 24 laga di Liga Prancis. Di dua laga sisa, mungkin gol Messi masih bisa bertambah lagi.

Jumlah gol Lionel Messi di awal musim debut bersama Paris Saint-Germain (PSG) adalah jumlah paling sedikit dalam 13 musim terakhir bersama Barcelona.

Bahkan di musim keduanya bersama Barcelona ketika musim 2005/2006 masih lebih banyak dengan enam gol dari 17 laga.

PSG's Lionel Messi looks down after he was substituted during the French League One soccer match between Paris Saint-Germain and Lyon at the Parc des Princes in Paris Sunday, Sept. 19, 2021. (AP Photo/Francois Mori)Jumlah gol Messi di PSG musim ini sedikit sekali (AP)

Maka ada satu pertanyaan, mengapa jumlah gol Lionel Messi begitu memble?

Dilansir dari Marca, Lionel Messi bolehlah dimaafkan karena masih beradaptasi di liga baru bersama PSG. Messi pun harus berbagi tugas bikin gol oleh Kylian Mbappe, si 'anak emas'.

Meski begitu, Messi masih oke dalam urusan assist. 13 Assist sudah dikemasnya, jadi bukti sepertinya La Pulga punya peran baru di Paris.

MBP School of Coaches menganalisis permainan Lionel Messi di PSG musim ini. Satu hal yang terlihat jelas, Messi byang sering ditempatkan di sayap kanan nyatanya suka turun lebih ke dalam!

Messi memainkan peran nomor 10 alias sebagai playmaker. Messi ditugaskan pelatih Mauricio Pochettino untuk menjadi otak dalam membangun serangan.

Lionel MessiLionel Messi (yang diberi tanda warna biru) bermain lebih ke dalam di PSG (MBP School of Coaches/Marca)

Di Barcelona, peran tersebut diemban Xavi dan Iniesta. Lionel Messi dalam dua musim terakhir sebenarnya sudah bermain di posisi itu tapi tidak kerja sendirian karena ada Pedri yang menopangnya.

(Halaman selanjutnya, gaya permainan PSG dan fisik Messi yang pengaruhi sang pemain).