Donnarumma, Bagaimana Musim Pertamamu di PSG?

Yanu Arifin - Sepakbola
Jumat, 13 Mei 2022 12:00 WIB
PSGs goalkeeper Gianluigi Donnarumma fails to stop Real Madrids Karim Benzemas shot on goal during the Champions League, round of 16, second leg soccer match between Real Madrid and Paris Saint-Germain at the Santiago Bernabeu stadium in Madrid, Spain, Wednesday, March 9, 2022. (AP Photo/Manu Fernandez)
Penampilan Gianluigi Donnarumma di PSG. (Foto: Manu Fernandez/AP)
Paris -

Gianluigi Donnarumma menjalani musim perdananya bersama Paris Saint-Germain. Bagaimana penilaiannya?

Donnarumma meninggalkan AC Milan pada musim panas tahun lalu. Kiper berusia 23 tahun itu tak memerpanjang kontraknya di Rossoneri.

Kemudian, Donnarumma menerima pinangan PSG. Ia direkrut, bersama bintang-bintang top lainnya seperti Lionel Messi, Sergio Ramos, serta Achraf Hakimi dan Georginio Wijnaldum.

Membela tim bertabur bintang di PSG, yang sudah ada Neymar dan Kylian Mbappe sebelumnya, nyatanya tak membuat Donnarumma mudah beradaptasi. Ia masih harus bersaing dengan Keylor Navas.

Musim ini, Donnarumma tampil sebanyam 23 kali, dengan catatan kebobolan 23 kali serta 8 kali clean sheet. Penjaga gawang asal Italia itu harus berbagi tempat dengan Navas, yang bermain 25 kali dengan catatan 24 kebobolan dan bikin 9 clean sheet.

Gianluigi Donnarumma sendiri bisa membawa Paris Saint-Germain menjuarai Ligue 1 musim ini. Namun, ia gagal membawa timnya bersaing di Liga Champions, setelah disingkirkan Real Madrid di babak 16 besar.

Donnarumma menegaskan, dirinya tak kapok dengan musim pertamanya di PSG. Sebaliknya, pemain terbaik di Euro 2020 itu antusias menyambut musim berikutnya bersama Les Parisiens.

"Aku ingin bertahan di PSG. Aku senang dengan trofi pertama dalam balutan jersey Paris Saint-Germain. Aku sangat bangga menjadi bagian dari klub ini, yang sangat ambisius dan selalu membidik capaian yang lebih tinggi. Ketika tiba, Aku tidak merasakan tekanan dari kompetisi Eropa, meskipun tidak mudah untuk beradaptasi," kata Donnarumma kepada AFP.

Donnarumma menegaskan, persaingan dengan Navas tak mudah di PSG. Meski begitu, ia yakin hal itu berguna buat tim.

"Ini bukan musim yang mudah. Aku tahu seharusnya bisa berbuat lebih banyak lagi. Aku memainkan setengah pertandingan, dan tidak bisa memberikan yang terbaik, tetapi yakin bisa memberikan lebih banyak untuk tim dan klub ini," jelasnya.

Lebih lanjut, Donnarumma yakin musim depan PSG akan menentukan kiper utama yang lebih banyak dimainkan. Ia siap bersaing dengan Navas.

"Kurasa tidak akan seperti itu [akan berbagi tempat], klub akan membuat pilihan. Aku memiliki hubungan yang baik dengan Keylor, kami dua orang baik, memahami situasinya, tetapi itu juga sulit baginya. Mudah-mudahan kami berhasil, dengan bantuan seluruh tim, dan dengan pemahaman satu sama lain," terang Gianluigi Donnarumma.

(yna/ran)