Aubameyang Pensiun dari Timnas Gabon

ADVERTISEMENT

Aubameyang Pensiun dari Timnas Gabon

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 19 Mei 2022 15:35 WIB
LIBREVILLE, GABON - JANUARY 18: Pierre Emerick Aubameyang of Gabon during the Group A match between Gabon and Burkina Faso at Stade de LAmitie on January 18, 2017 in Libreville, Gabon. (Photo by Visionhaus/Corbis via Getty Images)
Pierre-Emerick Aubameyang pensiun dari Timnas Gabon (Corbis via Getty Images/Visionhaus)
Barcelona -

Keputusan mengejutkan dibuat Pierre-Emerick Aubameyang. Striker Barcelona itu memutuskan pensiun membela Timnas Gabon.

Dikutip dari ESPN, Federasi Sepakbola Gabon mengumumkan langsung keputusan pensiun Aubameyang tersebut, setelah menerima surat pengunduran dari kapten tim itu, Selasa (17/5/2022) kemarin.

Dalam suratnya tersebut, Aubameyang menuliskan rasa terima kasihnya kepada warga Gabon, para pelatihnya, rekan-rekan setim, dan juga ayahnya yang juga mantan pemain Timnas Gabon era 80-90an.

Aubameyang mengaku bangga bisa membela Gabon selama 13 tahun dan jadi salah satu pemain terbaik yang pernah dilahirkan.

"Saya berharap sudah membuatnya (ayah) bangga dengan mengenakan seragam timnas kami," ujar Aubameyang.

Tidak disebutkan apa alasan Aubameyang mengundurkan diri secara tiba-tiba dari Timnas Gabon. Padahal Gabon bakal beraksi dua pekan lagi di Kualifikasi Piala Afrika 2023.

Akhir karier Aubameyang bersama Gabon tidak menyenangkan. Dia gagal ikut Piala Afrika 2021 kemarin karena divonis positif Covid-19 saat persiapan menuju turnamen.

Bahkan Aubameyang harus mundur dari turnamen itu karena ada masalah jantung. Pencapaian terbaik Aubameyang selama membela Gabon adalah perempatfinalis Piala Afrika 2012.

Pierre-Emerick Aubameyang adalah top scorer sepanjang masa negaranya dengan 30 gol dari 72 caps. Kini Aubameyang pun bisa fokus mempersiapkan diri untuk musim penuh perdananya bareng Barcelona.

Aubameyang datang ke Barcelona Januari lalu dan langsung jadi andalan di lini serang dengan 13 gol dari 22 laga.

(mrp/bay)

ADVERTISEMENT